The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Parkir Mobil dengan Roda Depan Belok, Apa Betul Mengurangi Umur Komponen
Area parkir mobil yang tertata rapih terkadang kondisi ini juga ada yang parkir pararel (INDOZONE/Ristuyana)
Otomotif

Parkir Mobil dengan Roda Depan Belok, Apa Betul Mengurangi Umur Komponen

Bisa sejajar, bisa belok?

Selasa, 30 November 2021 10:53 WIB 30 November 2021, 10:53 WIB

INDOZONE.ID - Bagaimana posisi roda seharusnya saat memarkir mobil yang betul di jalan datar dan jalan tidak rata. Dua pertanyaan ini seringkali diabaikan oleh para pengguna mobil, alasannya simple dianggap enggak ada pengaruh terhadap mobilnya. Padahal, juga penting lho.

Indozone menghimpun data dari berbagai sumber, hampir semua menjelaskan hal yang sama terkait bagaimana posisi ban yang benar saat parkir mobil di jalan datar dan atau tidak rata (menanjak).

Baca juga: Film Red Notice Mobil Masa Depan Bertemu dengan Masa Lalu

Parkir di jalan datar

parkian mobil
Saat parkir di lahan datar sebaiknya luruskan roda depan (INDOZONE/Ristuyana)

Sebelumnya penting bagi pemilik mobil mengetahui lebih dulu sistem power steering yang terdapat di mobilnya. Apakah termasuk tipe hidraulis atau Electronic Power Steering (EPS), sebab keduanya memiliki perlakuan berbeda.

Ini alasannya,  khusus untuk setir kemudi mobil yang dilengkapi dengan power steering model hidraulis. Pemilik mobil jenis ini wajib hukumnya untuk meluruskan setir mobil ketika parkir (ban sejajar dengan fender).

Toyota New Avanza
Electronic power steering New Avanza

Power steering hidraulis bekerja memakai cairan minyak atau oli yang menghasilkan tekanan pada rack steer. Tekanan inilah yang berfungsi meringankan beban kerja tangan ketika memutar setir untuk membelokkan ban. Saat ban sedang dibelokkan pada satu sisi, maka tumpuan beban tekanan oli power steering akan berada pada salah satu bagian. 

Ketika kondisi mesin mati, oli akan terus tertekan dan tidak bersirkulasi. Efek jangka panjang parkir tidak meluruskan setir adalah seal dan jalur oli tidak akan bisa lagi  menahan beban dan sewaktu-waktu bisa jebol. Nah efeknya setir akan terasa berat ketika dibelokkan.
 
Sedangkan, tipe kedua mobil yang sudah dilengkapi dengan EPS umumnya keluaran terbaru (2000-an keatas). 

Parkir dengan posisi ban lurus atau miring tidak berpengaruh pada mobil dengan EPS. Sebab saat mesin mati, tidak ada penyaluran tenaga ke ECU atau perangkat elektrikal lainnya. Ini artinya, walaupun parkir dalam keadaan ban berbelok, motor elektrik pada sistem EPS tidak mendapat asupan energi listrik. Hal inilah yang membuatnya tidak terbebani, seperti halnya pada power steering jenis hidraulis.

Parkir di jalan menanjak

Toyota Innova
Terpaksa parkir di jalan tidak datar (INDOZONE/Ristuyana)

Baik power steering hidraulis maupun elektronik jika terpaksa kedapatan parkir mobil di jalan menanjak atau menurun, posisi setir sebaiknya dibelokkan ke arah trotoar jalan. 

Melakukan cara ini bisa membuat ban mobil tertahan di bahu jalan ataupun trotoar. Dengan begitu, peluang mobil untuk bergerak ke bawah bisa diminimalisasi.

Artikel menarik lainnya:


TAG
Ristuyana
Ristuyana

Ristuyana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US