Hyundai Bakal Produksi Santa Cruz di Amerika Serikat
Hyundai Santa Cruz. (Hyundai)
Otomotif

Hyundai Bakal Produksi Santa Cruz di Amerika Serikat

Incar segmen pembeli generasi milenial.

Kamis, 14 November 2019 15:13 WIB 14 November 2019, 15:13 WIB

INDOZONE.ID - Pabrikan otomotif asal Korea Selatan Hyundai Motor, menyeriusi niat untuk menggarap produksi truk pikap kompak Santa Cruz lansirannya di Amerika Serikat mulai tahun 2021 mendatang. 

Dilansir Reuters, Kamis (14/11), Hyundai bakal membawa mobil yang kali pertama diperkenalkan dalam Detroit Motor Show 2015 silam, untuk diproduksi di pabrik perakitan Montgomery, Alabama, Amerika Serikat.

Nilai investasi yang bakal diguyurkan Hyundai untuk Santa Cruz mencapai US$410 juta. Sementara, nilai investasi Hyundai di wilayah Montgomery dalam 18 bulan terakhir mencapai US$1,1 miliar. 

Pabrik Hyundai di Montgomery yang saat ini mempekerjakan 2.900 karyawan dan 500 pekerja paruh waktu ini, mulai beroperasional pada tahun 2005 silam. Proyek Santa Cruz diperkirakan bakal menambah 200 pekerjaan baru dan 1.000 pekerja  baru.

hyundai santa cruz, hyundai, santa cruz
(PurePNG)

Artinya, Santa Cruz bakal satu pabrik produksi dengan tiga saudara tuanya, yakni Hyundai Santa Fe, Hyundai Sonata dan Hyundai Elantra yang lebih dahulu diproduksi di pabrik Montgomery, Alabama.

"Santa Cruz adalah untuk mereka yang menginginkan semua atribut tradisional kendaraan serbaguna untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Crossover ini menciptakan segmen baru, menggabungkan kemampuan dan utilitas untuk memenuhi kebutuhan generasi pembeli baru, terutama milenial," tulis Hyundai dalam keterangan tertulisnya.

Menariknya, Hyundai memposisikan Santa Cruz sebagai truk pikap kompak, segmen truk pikap yang lama tidak diisi. Pemain terakhir di kelas ini di Amerika Serikat adalah Chevrolet Luv yang diperkenalkan awal dekade 70-an.

Kendati tidak head to head langsung, Hyundai Santa Cruz diyakini bakal bersaing dengan SUV yang lebih besar seperti Ford F-150, Ram 1500 atau Chevrolet Silverado. Ketiga SUV ini merupakan penguasa 'lokal' pasar SUV di Negeri Paman Sam.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Writer
Fauzi Iyabu

Fauzi Iyabu

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU