The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Helm Pembalap F1 dengan MotoGP!
Pembalap MotoGP, Valentino Rossi (photo/REUTERS/Jennifer Lorenzini)
Otomotif

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Helm Pembalap F1 dengan MotoGP!

Minggu, 17 Oktober 2021 11:05 WIB 17 Oktober 2021, 11:05 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu hal terpenting yang harus digunakan oleh setiap pembalap MotoGP dan Formula 1 adalah helm. Pasalnya helm menjadi salah satu komponen yang bisa melindungi pembalap saat terjadinya kecelakaan.

Meskipun tampilan helm dari pembalap MotoGP dan Formula 1 tampak mirip, ternyata ada perbedaan yang terdapat di helm pembalap MotoGP dan F1 yang mungkin belum kalian ketahui.

Seperti dikutip dari Motor Biscuit, helm pembalap F1 dan MotoGP sama-sama hadir dengan fitur seperti ventilasi udara, anti-gores di visor, hingga anti-fog di visor. Tentunya fungsi utama dari helm tersebut yaitu untuk melindungi kepala dari benturan.

Tetapi khusus untuk helm F1, helm tersebut ternyata harus melakukan uji api. Pasalnya kecelakaan yang terjadi kepada pembalap F1 biasanya menyebabkan mobil terbakar sehingga helm yang digunakan juga harus bisa melindungi pembalap dari api. Biasanya terdapat lapisan nomex yang digunakan untuk mencegah api masuk ke dalam helm.

Sementara untuk helm MotoGP, helm tersebut dirancang untuk tahan dari benturan yang keras. Pasalnya sering sekali kecelakaan yang terjadi kepada pembalap MotoGP menyebabkan pembalap menabrak pembatas sirkuit atau menghantam aspal.

Kemudian helm MotoGP juga memiliki sistem aerodynamic yang membuat pembalap tetap nyaman saat melaju dengan kecepatan tinggi. sementara helm F1 hadir dengan fitur Head and Neck Support yang dapat meredam guncangan di kepala pembalap.

Perbedaan apa lagi yang kalian ketahui tentang helm MotoGP dengan Formula One? Tulis di kolom komentar yang ada di bawah ya guys!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US