Masalah Power Steering, Tesla Tarik 15 Ribu Mobil
Ilustrasi Tesla Model X alami masalah power steering (Carscoops)
Otomotif

Masalah Power Steering, Tesla Tarik 15 Ribu Mobil

Masalah pada roda kemudi.

Jumat, 14 Februari 2020 13:14 WIB 14 Februari 2020, 13:14 WIB

INDOZONE.ID - Tesla dikabarkan akan menarik kurang lebih 15 ribu unit mobil Sport Utility Vihicle (SUV) Model X miliknya karena mengalami disfungsi power streering pada sistem kemudinya. Penarikan telah diumumkan untuk mengantisipasi risiko kecelakaan karena kesulitan mengontrol kendaraan.

Berdasarkan investigasi NHTSA dan Transport Canada, lembaga otoritas keselamatan kendaraan di Amerika dan Kanada, masalah power steering ini melibatkan Tesla Model X lansiran 2016. Penyebabnya karena baut alumunium yang menempel pada roda kemudi mengalami korosi mangalami sistem kemudi tersebut, mengutip Carscoops, Jumat (14/2/2020).

Hingga berita ini diturunkan, NHTSA menyatakan belum ada laporan dari konsumen terkait kecelakaan karena masalah ini. Setelah pengumuman ini, penarikan akan dilakukan pada 14.193 unit Model X di Amerika dan 843 unit di Kanada.

Pihak Tesla menyatakan kepada konsumen pengguna Tesla Model X agar tak perlu khawatir karena semua unit bermasalah akan mendapat penggantian komponen tanpa mengeluarkan biaya di dealer-dealaer resmi miliknya di kedua negara tersebut.

Penarikan besar-besaran Tesla bukan baru saja terjadi kali ini, di tahun 2013 Tesla Model 3 dan Model S sempat mendapat petisi dari NHTSA. Saat itu lembaga keamanan transportasi tersebut mendesak agensi untuk menyelidiki dan menarik 500 ribu mobil Tesla karena akselerasi mobil yang bisa berubah secara mendadak.

Namun dalam pembuktian kembali, Tesla berhasil menampik tuduhan konsumen soal akselerasi mobil mendadak karena sudah sesuai dengan disain dan settingan mobil tersebut.

Namun untuk kasus power steering Tesla tak bisa mengelak karena jika komponen itu tak maksimal dapat menyulitkan pengemudi saat bermanuver di jalan sempit dan macet.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Utami Evi Riyani
Wilfridus Kolo

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU