Pihak Michelin Telah Luncurkan Ban Terbarunya Untuk Balapan MotoGP
(photo/michelinmotorsport.com)
Otomotif

Pihak Michelin Telah Luncurkan Ban Terbarunya Untuk Balapan MotoGP

Senin, 13 Januari 2020 13:05 WIB 13 Januari 2020, 13:05 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu pabrikan ban ternama, Michelin dikabarkan telah meluncurkan ban belakang terbaru. Nantinya, ban tersebut akan digunakan pada ajang balap MotoGP 2020. Bahkan, ban tersebut telah dilakukan sejumlah perubahan oleh pihak Michelin, terutama pada bagian sektor konstruksi karet bundar. 

Melansir dari Crash Net, ban tersebut telah dirancang oleh Michelin dengan tujuan untuk meningkatkan performa. Selain itu, pihak dari Michelin juga ingin tingkatkan stabilitas saat mengejar kecepatan demi mengoptimalkan catatan waktu saat balapan. 

Sebelumnya, pihak Michelin sendiri telah mengirim ban tersebut untuk pertama kalinya ke Sirkuit Catalunya, Spanyol sewaktu usai balapan Juni 2019 silam. Pada waktu itu, ban tersebut baru saja selesai dilakukan pengujian di dalam laboratorium. 

Kemudian, sering uji coba jelang 2020 di Misano dan Brno, ban tersebut terus diteliti di tarmac. Lalu, pada ajang balapan Australian Grand Prix di Philip Island, ban tersebut dilakukan penyiksaan selama 20 menit lamanya guna mengetahui durabilitas dari motor tersebut. 

Pengembangan dari ban tersebut terus akan dilakukan oleh pihak Michelin meski sudah resmi diperkenalkan. Pasalnya, pada bulan depan, ban baru tersebut akan digunakan pada uji coba pramusim di MotoGP 2020 di Malaysia.

Selain Malaysia, ban tersebut juga akan diuji coba di test pramusim MotoGP 2020 di Qatar. Test akan terus dilakukan hingga akhirnya ban belakang tersebut dapat digunakan secara resmi untuk balapan MotoGP. 

TAG
Indozone Media

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU