10 Rekomendasi Alat Pembuat Kopi Manual

- Kamis, 13 Juni 2019 | 16:23 WIB
Pixabay
Pixabay

Kopi adalah salah satu minuman yang dapat merekatkan silaturahmi, apalagi disajikan saat berdiskusi. Bisnis kopi pun mulai menjamur dan digandrungi masyarakat. Seiring dengan gaya hidup kopi dari berbagai kalangan ini pun menjadi sebuah peluang bisnis besar yang sayang dilewatkan.

Banyak orang yang ingin membuka kedai kopi sederhana, namun kesulitan menentukan peralatan kopi yang harus dibeli. Nah, berikut ada 10 rekomendasi alat pembuat kopi manual.

1. V60
V60 adalah alat penyeduh kopi yang menggunakan metode pour over. Bentuknya sederhana seperti cangkir biasa. Alat ini ada yang terbuat dari keramik, kaca, metal, plastik, hingga tembaga.
-
(Source: Shutterstock)
Alat pembuat kopi ini memiliki ujung lubang untuk mengontrol waktu ekstraksi, suhu air, dan grind size atau potongan kopi. Keunikan inilah yang membuat V60 menghasilkan rasa kopi lebih ringan, jernih, dan bernuansa.

2. Rok Presso
Rok presso merupakan sebuah alat kopi manual yang dibuat khusus untuk menghasilkan espresso shot yang menjadi dasar minuman kopi latte maupun cappuccino. Harganya sekitar Rp 3 juta. Kelebihan lainnya, rok presso memiliki daya tahan cukup tinggi dan digunakan tanpa menggunakan listrik.
-
(Source: Ist)

3. Grinder
Ada dua jenis mesin penggiling biji kopi ini. Pertama, manual grinder atau hand grinder yang digunakan tanpa listrik. Harganya pun dibawah satu juta. Kedua, automatic grinder yaitu mesin penggiling dengan bantuan listrik. Tentu, harganya juga jauh lebih tinggi dibandingkan manual grinder.
-
(Source: Shutterstock)

4. Vietnam Drip
Alat penyeduh kopi ini berasal dari Vietnam. Karena, orang-orang Vietnam diketahui suka menyeduh kopi dengan menggunakan filter besi kecil berupa drip. Metode ini cukup populer. Proses penyeduhan dan ekstraksinya pun cepat. Kopi yang dihasilkan juga tidak terlalu padat.
-
(Source: Vietnam Drip)
Vietnam Drip memiliki saringan bawah, cangkir, saringan atas atau tamper, dan penutup. Ada dua jenis tamper, yaitu tamper sekrup untuk memberikan tekanan tambahan, dan tamper tanpa sekrup untuk memberikan tekanan sesuai gaya gravitasi.

5. AeroPress
Bentuknya unik seperti pipet raksasa. Penyeduhan kopi menggunakan AeroPress ternyata jauh lebih mudah dan cepat. Mekanismenya sedikit mirip Vietnam Drip. Bedanya, AeroPress menggunakan bantuan tekanan udara. Mesin pembuat kopi ini terdiri dari tabung kopi, filter kertas, alat pengaduk, satu sendok takaran kopi bubuk, serta funnel atau corong untuk mengalirkan air panas.
-
(Source: Ist)

6. French Press
Orang-orang Italia menyebutnya caffettiera a stantuffo. Sedangkan, orang-orang Prancis menyebutnya cafetière à piston. Desain French Press berbentuk plot silinder dengan sebuah alat panjang semacam pompa mini atau plunger. Ada juga sebuah layar saringan untuk menekan air panas hingga menembus kopi yang sudah digiling.
-
(Source: Shutterstock)
7. Moka Pot
Untuk menggunakan Moka Pot atau Bialetti harus dengan bantuan kompor kecil atau sumber panas lainnya. Hasil kopi dari alat ini tidak akan mengecewakan. Harganya pun terjangkau, sekitar 200 ribu-an tergantung kapasitas yang diinginkan.
-
(Source: Bialleti)

8. Syphon
Tampilan alat penyeduh kopi ini sangat modern dengan desain futuristik seperti bentuk gelas pada laboratorium. Syphon memiliki metode penyeduhan vakum yang membutuhkan sumber panas yang dapat dihasilkan dari mini burner. Cukup merogoh kocek 500 ribu, Syphon sudah bisa jadi milikmu.
-
(Source: Shuttestock)

9. Bodum Coffee Maker
Alat pembuat kopi ini memiliki desain cantik plastik transparan. Metode penyeduhannya pun tidak begitu sulit, hanya dengan satu tombol untuk mengontrol tombol on dan off.
-
(Source: Bukalapak)

10. Cafe Press
Alat ini berbahan stainless steel dengan karet silikon untuk filter shaft-nya. Penutupnya dibuat dari bahan plastik polypropylene dengan bahan yang tidak mudah terbakar. Cafe Press menghasilkan kopi yang halus dan kaya rasa. Teknik brewing-nya membuat bubuk-bubuk kopi tidak terbawa.
-
(Source: Shutterstock)

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X