Sopir dan Kernet Truk Tinja yang Buang Limbah Sembarangan di Jaktim Diamankan

- Senin, 21 November 2022 | 19:38 WIB
Sopir dan kernet truk sedot tinja yang buan limbah semarangan di Jakarta Timur diamankan. (Dok. Humas Dinas LH DKI Jakarta)
Sopir dan kernet truk sedot tinja yang buan limbah semarangan di Jakarta Timur diamankan. (Dok. Humas Dinas LH DKI Jakarta)

Sopir dan kernet truk sedot tinja yang membuang limbah sembarangan di Jalan Mayjen Sutoyo, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim) telah diamankan. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yogi Ikhwan.

"Sudah (ditangkap) saat ini kami sedang lakukan BAP (Berita Acara Pemeriksaan)," ujar Yogi di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Yogi mengatakan, sopir dan kernet truk tersebut telah melanggar sejumlah pasal mulai Undang-Undang Lingkungan Hidup sampai Undang-Undang Ketertiban Umum.

Baca Juga: Pesan Wapres Ma'ruf Amin untuk Muhammadiyah: Tidak Terkoyak saat Pemilu 2024

"Truk ini melanggar banyak pasal," tambah Yogi.

Oleh karena itu. Yogi menegaskan, pihaknya akan menjatuhkan sanksi tegas. Dengan denda administratif hingga mengusulkan pencabutan perizinannya apabila terbukti telah melakukan pelanggaran berulang.

-
Truk sedot tinja yang buan limbah semarangan di Jakarta Timur. (Dok. Humas Dinas LH DKI Jakarta)

Yogi menegaskan, rekomendasi pencabutan izin usaha sebagai perusahaan penyedia jasa sedot tinja itu nantinya jadi pertimbangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PSTP) untuk menjatuhkan sanksi.

"Izinnya yang menerbitkan PTSP, kami akan membuat surat. Merekomendasikan dari PT ini untuk dicabut izinnya. Pasti kita akan melakukan tindakan tegas, karena sudah mencemari lingkungan," sambung Yogi.

Menurut Yogi, salah satu alasan truk sedot tinja membuang limbah sembarangan kemungkinan adanya retribusi jika membuang limbah di instalasi pengolahan limbah.

"Kita ada dia instalasi pengolahan limbah di Duri Kosambi dan Pulo Gebang. Mungkin disana ada retribusinya sehingga mereka buang sembarangan," imbuhnya.

Baca Juga: DPRD DKI Imbau Dinas Citata Gencar Sosialisasikan Aturan Tata Ruang, Ini Penyebabnya

Sebelumnya viral video yang memperlihatkan truk sedot tinja membuang limbah sembarangan.

Dalam video yang beredar, seorang warga mempergoki truk sedot tinja tersebut membuang limbah domestik sebelum kabur.

Berdasarkan keterangan dalam unggahan video tersebut, kejadian pada pukul 07.45 WIB, hari Minggu (20/11/2022) lalu.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X