Imbas Pesawat Latih Jatuh, Biaya Perawatan Alutsista Harus Jadi Perhatian

- Kamis, 8 September 2022 | 22:21 WIB
Pesawat latih TNI AL jenis Bonanza G-36 sebelum jatuh di Perairan Laut Selat Madura. (Dok/tnial.mil.id)
Pesawat latih TNI AL jenis Bonanza G-36 sebelum jatuh di Perairan Laut Selat Madura. (Dok/tnial.mil.id)

Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi mengutarakan bahwa pihaknya kerap menanyakan biaya perawatan alutsista ke TNI, saat rapat dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membahas anggaran beberapa waktu lalu.

Terbaru pesawat latih TNI AL itu jenis G-36 Bonanza T-2503, terjatuh  di Selat Madura, Jawa Timur (Jatim), Rabu (7/9/2022). Sehingga menurut Bobby, biaya perawatan terhadap alutsista haruslah ditingkatkan.

“Ya itu salah satunya yang ditanyakan oleh salah satu rekan anggota kami dalam Rapat anggaran. Bahwa biaya perawatan terhadap alutsista itu, bagaimana dan juga tingkat kesiapannya itu bagaimana," kata Bobby di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Bobby menyampaikan, DPR ingin setiap alutsista TNI perawatannya harus maksimal tanpa adanya kekurangan. 

“Jangan sampai pesawat atau semua alustsista yang alat tempur diawaki itu tingkat kesiapannya rendah atau kurang perawatannya,” tegas dia.

Baca Juga: Imbas Pesawat Latih Terjatuh, DPR Minta TNI Perhatikan soal Hal Ini

Politikus Partai Golkar ini berujar, ada kemungkinan dalam rapat kerja antara Komisi I dengan Panglima TNI, permasalah alutsista hingga jatuhnya pesawat latih akan dibahas.

“Ya mungkin dam rapat di masa sidang terakhir nanti akan kita tanyakan,” tukasnya.

Alami Kecelakaan

Sebelumnya, pesawat latih milik TNI AL dengan jenis G-36 Bonanza T-2503 dikabarkan jatuh di Selat Madura. Pesawat tersebut jatuh saat sedang latihan dan sedang konvoi.

Kabar baru terungkap dari insiden kecelakaan pesawat latih TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di Selat Madura, Jawa Timur. Titik jatuh pesawat kabarnya sudah diketahui.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut, Laksamana Muda Dwika T Setiawan kepada wartawan, Rabu (7/9/2022).

“Sampai sore ini perkembangan di lapangan telah menemukan titik jatuh pesawat itu yang diduga kerangka pesawat yang saat ini masih proses untuk melaksanakan penyelaman," kata Dwika.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X