Calon Haji Asal Klaten Meninggal di dalam Pesawat

- Senin, 12 Juni 2023 | 14:15 WIB
Calon jemaah haji bernama Sholeh Ahmadi Jamburi meninggal dunia saat di dalam pesawat. (Z Creators/Edelweis RatuShimaa)
Calon jemaah haji bernama Sholeh Ahmadi Jamburi meninggal dunia saat di dalam pesawat. (Z Creators/Edelweis RatuShimaa)

Salah seorang calon haji asal Klaten, Jawa Tengah, meninggal dunia saat masih berada di dalam pesawat. Selanjutnya, jenazah akan dimakamkan di Arab Saudi.

Menurut keterangan dari Humas Petugas Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo di Donohudan, Boyolali, Gentur Rachma Indriadi, calon haji yang meninggal dunia yaitu Sholeh Ahmadi Jamburi (65 tahun) warga Desa Ngawen, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah.

Almarhum berasal dari Klaten masuk di Kloter 56, masuk ke asrama haji pada Jumat sore (9/6/2023). Ia berangkat bersama istrinya, Muryati.

Baca Juga: Belasan Jemaah Calon Haji di Parepare Lansia, Ada yang Berumur 102 Tahun

"Calon haji yang meninggal dunia bernama Sholeh Ahmadi Jamburi 65th , Kloter 56 Kabupaten Klaten, ia meninggal pada 11 Juni 2023 jam 03:57 WIB masih di dalam pesawat karena recurrent stroke attack cardiac arrest (serangan stroke berulang diikuti henti jantung)," jelas Gentur dalam keterangan tertulisnya.

Informasi yang ia dapatkan dari petugas Kloter 56, kata Gentur, pada pukul 21.00 WIB di dalam pesawat almarhum Sholeh mengalami badan lemas dan sakit perut. Kemudian dilakukan tindakan oleh tim kesehatan kloter 56, hingga pukul 01.00 WIB, namun Sholeh tidak sadarkan diri dan dinyatakan meninggal dunia.

Sholeh beserta rombongan diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada hari Sabtu (10/6) pukul 17.10 WIB menuju tanah suci. Namun belum sampai ke tempat tujuan, calon haji Sholeh justru sakit dan meninggal dunia.

Setelah dinyatakan meninggal dunia dan dimakamkan di Jedah Arab Saudi, almarhum akan mendapatkan layanan badal haji oleh panitia di Arab Saudi, dan mendapatkan asuransi sebesar biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) ditambah extra cover dari pihak Garuda Indonesia sebesar Rp125 juta.

Pesawat GA 6156 yang ditumpangi almarhum, selanjutnya mendarat di Jeddah. Jenazah dimakamkan di tanah suci.

Sebelum bertolak ke asrama haji, kloter asal Klaten dari yang tergabung dalam kloter 53, 54, 55, dan kloter 56, berkumpul di Graha Bung Karno Klaten, untuk dilepas secara bertahap sejak pagi, siang, sampai sore.

Kloter 56 bertolak ke asrama haji pada Jumat sore (9/6/2023). Untuk kloter 56 yang berjumlah 352 jamaah calon haji ini, dilepas oleh Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya yang didampingi pejabat lainnya.

Sebelum masuk bus, Z Creator Edelweis Ratushima, bertemu dengan calon haji asal Ngawen, pasutri Muryati dan Sholeh Ahmadi tersebut.

Nampak Muryati dengan cekatan mengangkat koper dan menuju bus yang dimaksud. Sementara suaminya, Sholeh Ahmadi, duduk di atas kursi saya.

"Ini suami saya, karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan berdiri terlalu lama, beliau naik kursi roda," jelas Muryati, pensiunan ASN tersebut.

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X