Demokrat: Pertemuan Anies dan Gibran di Solo Upaya Cairkan Polarisasi

- Selasa, 15 November 2022 | 20:40 WIB
Anies Baswedan bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (instagram/@aniesbaswedan).
Anies Baswedan bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (instagram/@aniesbaswedan).

Politikus Partai Demokrat Herman Khaeron menyebut pertemuan Anies Baswedan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menandakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai sosok yang terbuka dengan siapapun, termasuk lawan politiknya.

“Roadshow politik seorang pimpinan tidak lagi bedakan itu siapa, kenapa. Mestinya ini contoh mas Anies buka diri ke siapapun. Dan buka ruang diskusi dari siapapun. Ini contoh politik pemimpin ke depan,” kata Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/11/2022). 

Baca Juga: Momen Langka, Anies Baswedan Sambangi Gibran di Solo, Ini yang Dibahas!

Menurut Herman, semua pihak boleh saja menafsirkan langkah Anies ke Solo bertujuan untuk mendulang suara di Jawa Tengah yang notabene basis massa pendukung PDI Perjuangan (PDIP). 

Akan tetapi, Herman menyebut pertemuan Anies dan Gibran juga harus dimaknai sebagai upaya untuk mencairkan masyarakat yang sempat terpolarisasi.

“Siapapun capres-cawapres bisa contoh kebaikan ini. Supaya mencair, tidak ada lagi polarisasi di masyarakat yang kesannya kita selalu berseberangan padahal kontestasinya sudah selesai dan menjurus ke masing-masing individu dan akhirnya berseberangan,” tegas dia. 

Baca Juga: Temui Gibran di Solo, PDIP: Anies hanya Cari Keuntungan Politik Saja!

Lebih lanjut, diungkapkan Herman, Anies ingin menunjukkan bahwa menghadapi Pilpres 2024 harus dalam suasana cair tanpa intrik polarisasi dari pilpres edisi sebelumnya.

“Dengan kunjungan silang cairkan suasana dan mudah-mudahan capres siapapun bisa satukan polarisasi yang selama ini di medsos dan Indonesia bersama tunjukan gotong royong, kompak," pungkasnya.

Anies Temui Gibran

Melalui akun instagram pribadinya, Anies Baswedan mengunggah foto bersama Gibran pagi tadi. Ia mengatakan, bahwa dirinya bertemu anak dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu untuk sarapan bersama sekaligus berbincang mengenai pengelolaan kota.

"Kami berbagi pengalaman, bercerita tentang pengelolaan kota, terkait transportasi publik, dan bincang-bincang ringan lainnya. Alhamdulillah, Solo rapi, bersih, dan tertib. Mudah-mudahan terus maju dan berkembang. InsyaAllah Mas Gibran selalu sehat dimudahkan dalam amanah ini," kata Anies. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X