Presiden Jokowi Harap G20 Percepat Pemulihan Ekonomi Inklusif

- Selasa, 15 November 2022 | 12:01 WIB
Presiden Jokowi (tengah) menyampaikan pandangannya pada pembukaan KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali. (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra)
Presiden Jokowi (tengah) menyampaikan pandangannya pada pembukaan KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali. (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap G20 dapat mempercepat pemulihan ekonomi yang inklusif di tengah global sedang menghadapi situasi sulit seperti saat sekarang ini.

“Indonesia berharap G20 dapat terus menjadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif,” ucap Presiden Jokowi, seperti Indozone sadur dari Antara, Selasa (15/11/2022).

Presiden mengatakan di tengah situasi sangat sulit G20 terus bekerja agar menghasilkan capaian yang konkrit demi pemulihan global melalui berbagai upaya.

Baca Juga: Pimpinan MPR Harap KTT G20 Bisa Atasi Krisis Energi hingga Lingkungan Hidup

Upaya itu di antaranya dengan menyiapkan dana dalam menghadapi pandemi mendatang melalui pandemic fund dan membantu ruang fiskal negara berpendapatan rendah melalui resilience and sustainability trust.

-
G20.(instagram/@g20org).

G20 juga mendorong percepatan pencapaian program tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

Tak hanya itu, G20 pun berusaha menghasilkan ratusan kerja sama konkrit serta mendukung pemulihan ekonomi dunia yang lebih maju dan berkelanjutan melalui Bali Compact mengenai transisi energi.

Baca Juga: Pasca G20, Indonesia Diharapkan Perkuat Kerjasama Antar Negara 

“Kita tidak hanya bicara, tapi melakukan langkah-langkah nyata,” tegas Presiden.

Presiden menambahkan G20 harus turut memperlihatkan kepada dunia bahwa anggota yang merupakan kelompok dari 20 ekonomi terbesar dunia ini dapat bersikap bijak dan memikul tanggung jawab sekaligus menunjukkan jiwa kepemimpinan.

“Mari kita bekerja dan mari kita bekerja sama untuk dunia. Recover together, recover stronger,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X