Kenalkan Juara Lokal, GoFood Gencar Tingkatkan Eksistensi UMKM Kuliner ke Pelanggan

- Jumat, 26 Mei 2023 | 16:36 WIB
GoFood memperkenalkan koleksi juara lokal Jakarta demi tingkatkan eksistensi UMKM kuliner ke pelanggan. (Dok. Humas GoFood)
GoFood memperkenalkan koleksi juara lokal Jakarta demi tingkatkan eksistensi UMKM kuliner ke pelanggan. (Dok. Humas GoFood)

Gojek, unit bisnis on-demand service dari Grup GoTo, terus mewujudkan komitmennya menjadi mitra terbaik bagi pertumbuhan UMKM. Kali ini, Gojek melalui GoFood hadirkan inisiatif Koleksi Juara Lokal GoFood, kategori khusus di dalam aplikasi yang berisi kurasi menu-menu khas daerah guna mendorong visibilitas UMKM kuliner lokal ke jutaan pelanggan loyal GoFood. 

Gede Manggala, Head of Regions & External Affairs Gojek menjelaskan bahwa berdasarkan data Kemenkop UKM RI, tercatat ada 20,76 juta UMKM yang bergabung ke platform sejak Desember 2021.

“Tercatat ada 20,76 juta UMKM yang bergabung ke platform digital per Desember 20221 . Setelah masuk ke ekosistem digital, UMKM tetap membutuhkan dukungan dan ragam inovasi yang dapat membantu mereka mengembangkan usahanya. Selain dukungan dari sisi teknologi, Koleksi Juara Lokal GoFood menjadi salah satu wujud upaya Gojek melalui GoFood untuk terus mendorong UMKM kuliner lokal yang telah go digital agar tetap eksis, bahkan meningkatkan usahanya secara berkelanjutan.” 

Inisiatif teranyar dari GoFood ini dapat memberikan peluang bagi UMKM kuliner lokal untuk lebih mudah ditemukan oleh para pelanggan. Ragam menu khas daerah yang hadir di Koleksi Juara Lokal GoFood telah dikurasi secara khusus berdasarkan rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit masyarakat setempat, serta UMKM kuliner lokal yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki potensi untuk terus berkembang. 

“Melalui Koleksi Juara Lokal GoFood, kami ingin memberikan kesempatan dan visibilitas yang sama kepada UMKM kuliner lokal agar dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas. Inisiatif ini pertama kali diluncurkan di Bali pada November 2022 bersamaan dengan perhelatan forum dunia yakni KTT G20. Kini, Koleksi Juara Lokal GoFood telah diperluas ke kota-kota lainnya, mulai dari Makassar, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bandung dan Jabodetabek,” lanjut Gede. 

Baca Juga: Tingkatkan Taraf Hidup Mitra Driver, Planet Ban Perkuat Kerja Sama Strategis dengan Gojek

-
GoFood memperkenalkan koleksi juara lokal Jakarta demi tingkatkan eksistensi UMKM kuliner ke pelanggan. (Dok. Humas GoFood)

Lebih lanjut, diketahui dari hasil riset Alvara Research Center pada 20222 , bahwa makanan nusantara atau makanan daerah menjadi kategori makanan yang paling banyak dijual oleh UMKM Indonesia dengan proporsi mencapai 42,3% dari total responden yang diwawancarai. Hal ini juga yang mendorong Gojek untuk mengambil peran aktif dalam membantu kemajuan UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah.

Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia turut menjelaskan apabila SMECO dan GoFood telah memiliki visi yang sejalan untuk terus mendorong UMKM kuliner naik kelas. Terlebih UMKM kuliner dinilainya memiliki ciri khas tersendiri yang tak dimiliki restoran lainnya.

“SMESCO dan GoFood memiliki visi yang sejalan untuk mendorong UMKM kuliner dapat naik kelas. Kami melihat bahwa inisiatif Koleksi Juara Lokal GoFood dapat mengangkat eksposur resto UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah secara maksimal di platform online. SMESCO Indonesia turut mengapresiasi Koleksi Juara Lokal GoFood sebagai salah satu inisiatif dari ekosistem Gojek untuk mendukung jutaan UMKM yang telah go digital makin bertumbuh secara berkelanjutan.” 

-
GoFood memperkenalkan koleksi juara lokal Jakarta demi tingkatkan eksistensi UMKM kuliner ke pelanggan. (Dok. Humas GoFood)

Resto Juara Lokal Khas Jakarta Tumbuh Melesat bersama GoFood Ayam Goreng Berkah Rachmat 

merupakan salah satu juara lokal di Jakarta yang masuk ke dalam Koleksi Juara Lokal GoFood. Berdiri sejak 1960-an, Ayam Goreng Berkah Rachmat dapat terus bertahan berkat menjaga cita rasa yang khas dari kualitas ayam goreng yang sama sekali tidak berubah sejak awal beroperasi. 

Febry Setiawan, Pemilik Usaha Ayam Goreng Berkah Rachmat & Mitra Usaha GoFood menuturkan jika kunci eksistensi Ayam Goreng berkah mampu bertahan selama 60 tahun ialah pemilihan bahan bak yang baik serta harga yang kompetitif.

“Kunci eksistensi Ayam Goreng Berkah Rachmat selama lebih dari 60 tahun adalah pemilihan bahan baku yang baik, rasa yang khas dan harga yang kompetitif. Di era digital, kami harus terus adaptif untuk menjaga daya saing. Hal ini yang mendorong Ayam Goreng Berkah Rachmat bergabung dengan GoFood sejak 6 tahun lalu dan terbukti usaha kami makin berkembang, terlihat dari kenaikan omzet sebesar 5% - 10% tiap tahunnya. Bahkan, ketika pandemi melanda, 60% dari total penjualan kami berasal dari GoFood.” 

Baca Juga: Berburu Kuliner Unik Khas Indonesia di Hunger Gems Festival

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X