Komunitas Mersi Fans Club Dapat Ilmu Bermedia Sosial yang Beretika dan Menghasilkan Cuan

- Senin, 22 Mei 2023 | 15:30 WIB
Dosen UBSI dan Komunitas Mersi Fans Club pada kegiatan Pengabdian Masyarakat di Radio Mersi, Kota Tangerang, Minggu (21/5/2023). (Dok. Pribadi)
Dosen UBSI dan Komunitas Mersi Fans Club pada kegiatan Pengabdian Masyarakat di Radio Mersi, Kota Tangerang, Minggu (21/5/2023). (Dok. Pribadi)

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kembali mengadakan Pengabdian Masyarakat (PM) sebagai bentuk dari tanggung jawab menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada kesempatan ini, UBSI mengadakan PM dengan tema besarnya yaitu “Peningkatan Kualitas SDM Mersi Fans Club” di Aula Radio Mersi, Ciledug, Kota Tangerang pada Minggu, 21 Mei 2023 yang dimulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Dalam kegiatan PM tersebut, ada banyak materi pelatihan yang disampaikan dari para dosen yang melaksanakan PM. Materi tersebut antara lain Pelatihan Manajemen Media Sosia Dalam Menjalin Hubungan yang Harmonis di Internal Komunitas Mersi Fans Club, Pelatihan Content Creator Meningkatkan Kreativitas dan Efektivitas Komunikasi Organisasi Bagi Komunitas, Pelatihan Manajemen Komunikasi Bagi Komunitas Mersi Fans Club, Pelatihan Komunikasi Organisasi Bagi Komunitas Mersi Fans Club dan Pelatihan Komunikasi dan Manajemen Konflik Bagi Komunitas Mersi Fans Club.

Etika dalam Media Sosial

-
Para peserta mendengarkan materi yang dibawakan oleh dosen UBSI Rizki Hidayat. (Dok. Pribadi)

Pada materi pelatihan pertama dengan tema ‘Manajemen Media Sosia Dalam Menjalin Hubungan yang Harmonis di Internal Komunitas Mersi Fans Club’ yang dibawakan oleh Rizki Hidayat, M.I.Kom, menjelaskan bahwa sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Olehnya itu, etika dalam bersosial media merupakan salah satu hal penting yang harus menjadi landasan.

Baca Juga: Sering Terjadi Cyberbullying di Sosmed, Ini yang Harus Dilakukan agar Tak Jadi Korban

“Dalam bersosial media, etika menjadi hal penting mulai dari penggunaan bahasa yang baik, hindari isu SARA termasuk pornografi dan kekerasan, kroscek terlebih dahulu sebelum posting dan menghargai hasil karya orang lain,” ujar Rizki di hadapan apra peserta pelatihan.

Hal paling penting juga, lanjut Rizki adalah jangan terlalu mengumbar informasi pribadi. Ada baiknya kita harus bersikap bijak dalam menyebarkan informasi mengenai kehidupan pribadi (privasi) Anda saat sedang menggunakan media sosial.

“Janganlah terlalu mengumbar informasi pribadi Anda terlebih lagi informasi mengenai nomor telepon atau alamat rumah Anda. Hal tersebut bisa saja membuat kontak lain dalam daftar Anda juga akan menjadi informasi bagi mereka yang ingin melakukan tindak kejahatan kepada diri Anda,” tegasnya.

Media Sosial Menghasilkan Cuan

-
Dosen UBSI Denny Setiawan Batubara saat membawakan materi pelatihan. (Dok. Pribadi)

Sementara itu pada materi kedua yang berjudul Content Creator Meningkatkan Kreativitas dan Efektivitas Komunikasi Organisasi Bagi Komunitas yang dibawakan Denny Setiawan Batubara, M.I.Kom memberikan pemahaman bahwa materi yang disampaikan pada pengabdian masyarakat kali ini adalah tentang konten kreator, bagaimana meningkatkan kreativitas dan bisa menghasilkan penghasilan dari konten yang dibuat.

Baca Juga: Penggunaan Medsos jadi Pemicu Kekerasan Anak di Surabaya

“Tingginya minat masyarakat pada pembuatan konten di media sosial menjadikan edukasi tentang pembuatan konten yang benar sangat penting,” ujarnya.

Lebih lanjut Denny mengungkapkan bahwa di era digital ini semua orang bisa menjadi pembuat konten di media sosial. Olehnya itu wawasan terkait bagaimana seharusnya membuat konten di sosial media menjadi hal yang penting.

“Diperlukan pengetahuan tentang bagaimana seharusnya membuat konten yang baik dan kalau bisa sekaligus menghasilkan tambahan penghasilan alias cuan,” ungkapnya.

Pada kegiatan PM kali ini para peserta yang merupakan anggota komunitas Mersi Fans Club sangat antusias mengikuti pelatihan ini, terlebih lagi dosen UBSI yang membawakan materi dengan sangat santai dan interaktif, dimana sesekali diselipkan candaan-candaan yang semakin mencairkan suasana dan jauh dari kata membosankan. Dan di penghujung acara pelaksanaan PM UBSI ini, juga dibagikan doorprize berupa bingkisan menarik.

Sambutan Positif

-
Perwakilan dari Komunitas Mersi Fans Club, Arief Kelana. (Dok. Pribadi)

Perwakilan dari Komunitas Mersi Fans Club, Arief Kelana menyambut baik dan positif kegiatan PM yang dilakukan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Tentunya, ia berharap apa yang diberikan dari pelatihan ini akan menambah wawasan para anggota komunitas khususnya dalam bersosial media.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X