Di Depan Kader PDIP, Megawati Sebut Tak Ada Koalisi Parpol: Masih Bicara, Out!

- Selasa, 21 Juni 2022 | 17:09 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi arahan di Rakernas. (Dok PDIP)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberi arahan di Rakernas. (Dok PDIP)

Ketua Umum  PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengingatkan apabila sistem pemerintahan Indonesia menganut sistem presidensial. Sehingga dia merasa bingung mengapa sejumlah partai politik sudah mulai sibuk membangun koalisi menjelang Pemilu 2024.

“Kita sistemnya adalah presidensial bukan sistem parlementer, akibatnya kan saya suka bingung lho bapak Presiden, kok bilang koalisi, koalisi, koalisi, tidak ada, tidak ada. Kalau kerja sama yes,” kata Megawati dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP Tahun 2021 yang dilaksanakan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Dia bilang koalisi hanya ditemukan pada pemilihan perdana menteri. Terlebih bagi negara-negara yang menganut sistem parlementer.

Oleh karena itu Megawati menegaskan jika dirinya tak segan-segan mengeluarkan kader dari partai jika bicara koalisi di Pilpres 2024. Dia menekankan dalam sistem negara presidensil tak dikenal namanya koalisi.

Baca juga: Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ungkap DBD Bisa Bikin Pasien Alami Gangguan Kesadaran

“Ini tata kenegaraan kita ini, tata negara kita, tau enggak. Kalau masih ada yang ngomong di PDI perjuangan urusan koalisi-koalisi, out. Berarti enggak ngerti sistem ketatanegaraan kita,” tegas Megawati.

Presiden ke-5 ini mengatakan hal tersebut sebagai sebuah kritik yang membangun. Megawati mengharapkan semua pihak dapat memahami apa yang disampaikannya.

“Ini kritik membangun lho, jangan mainin saya diguling-guling, digoreng-goreng. Ini tata pemerintahan dan tata kenegaraan Republik Indonesia lho, saya udah enggak tahan. Lho kok jadi gini piye,” tandasnya pada Rakernas yang dihadiri Presiden Jokowi tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X