KPK Jawab Tudingan Denny Indrayana: Sangat Disayangkan, Ya

- Kamis, 2 Februari 2023 | 13:00 WIB
Gedung KPK (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Gedung KPK (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyesalkan pernyataan mantan Wamenkumham, Denny Indrayana yang mengaku tidak percaya lagi kepada KPK karena terlalu politis. Lembaga antirasuah menilai, ucapan Denny justru yang bermuatan kepentingan politik.

"Pernyataannya sangat disayangkan, ya, karena apa yang disampaikannya jelas dapat dibaca publik seolah-olah merupakan bagian dari desain narasi politik, untuk kepentingan yang bersangkutan dan kelompoknya," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya, Kamis (2/2/2023).

Ali tidak menampik, bahwa kerja-kerja KPK tahun ini akan selalu dikaitkan dengan narasi politik. Pasalnya, 2023 merupakan tahun dimulainya proses politik hingga Pemilu 2024.

-
KPK (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Baca Juga: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Turun, Mendekati Sepertiga Negara Terkorup di Dunia

"Kami sadar betul semua yang dilakukan KPK saat ini dan ke depan pasti akan selalu dikaitkan dengan narasi politik semacam itu karena memang menjelang tahun politik 2024," ungkapnya.

Kendati begitu, Ali memastikan, upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK  adalah murni penegakan hukum. Dia menegaskan, KPK tidak akan melihat latar belakang dan posisi seseorang.

“Namun, kami pastikan, kacamata KPK murni penegakan hukum sepanjang ada alat bukti cukup dihadapan kami, siapa pun dan apa pun kedudukan serta latar belakangnya pasti kami proses melalui mekanisme penegakan hukum,” ujarnya.

Ali menambahkan, semua proses penegakan hukum, yang telah dilakukan KPK, nantinya bakal diuji melalui proses peradilan yang terbuka untuk umum.

Baca Juga: KPK Jebloskan Eks Hakim Itong Isnaeni ke Lapas Surabaya

"Bahkan, publik juga bisa langsung menilai, mengawal dan mengikutinya," tandas Ali.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X