Jangan Khawatir! Dampak Erupsi Gunung Taal Tak Sampai ke Indonesia

- Selasa, 14 Januari 2020 | 07:00 WIB
Aktivitas Gunung Taal di Filipina yang tertangkap kamera warganet (Twitter/@IUSunbaenim)
Aktivitas Gunung Taal di Filipina yang tertangkap kamera warganet (Twitter/@IUSunbaenim)

Gunung Taal berada di Pulau Luzon, Filipina. Gunung Taal tercatat pernah mengalami erupsi sebanyak 33 kali.

Seluruh erupsi berada di Pulau Volcano, sebuah pulau yang berada di tengah Danau Taal. Kali ini, aktivitas Gunung Taal ternyata telah dirasakan sejak 12 Januari 2020.

Pihak berwenang Filipina sempat mengeluarkan peringatan bahwa letusan berbahaya mungkin akan terjadi, dikhawatirkan terjadi tsunami.

Karena sama-sama berada wilayah cincin api pasifik, erupsi Gunung Taal di Filipina dikhawatirkan sampai ke Indonesia. Untuk menenangkan warga, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan bahwa wilayah Indonesia tidak terdampak abu vulkanik.

"Melalui pengamatan BNPB melalui InaWARE, kolom abu vulkanik dari erupsi Gunungapi Taal terpantau menjauhi wilayah Indonesia, menuju arah timur laut atau mengarah ke Samudera Pasifik dari kawah yang terletak di tengah Danau Taal," tulis BNPB dalam siaran persnya.

-
Suasana wilayah yang terkena dampak erupsi Gunung Taal (REUTERS/Eloisa Lopez)

Dampak Erupsi

Berdasarkan laporan otoritas resmi Filipina, kolom abu teramati dengan ketinggian sekitar satu kilometer dari kawah utama. Pihak Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) mengatakan abu erupsi jatuh ke wilayah yang paling dekat dengan kawah meliputi Tagaytay, Batangas dan Cavite.

Debu vulkanik tersebut juga menyelimuti Silang dan Amadeo di Cavite dan Calamba, Santa Rosa dan San Pedro City di Provinsi Laguna. Sejumlah sekolah di regional Calabarzon, Luson Tengah dan Metro Manila diliburkan demi alasan keselamatan dan kesehatan.

Menurut Badan Pengurangan Risiko dan Manajemen Bencana Alam Filipina, sekitar 6.000 penduduk telah dievakuasi ke Batangas, dan paling banyak berasal dari San Nicolas, Balete dan Talisay. Hingga sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Selain itu erupsi Gunung Taal juga membuat Bandara Internasional Ninoy Aquino ditutup sementara dan semua penerbangan dibatalkan demi alasan keamanan dan keselamatan.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X