Airbus Mulai Uji Pesawat yang Bisa Terbang Tanpa Pilot

- Senin, 27 Januari 2020 | 13:44 WIB
Ilustrasi: airbus lepas landas di sebuah bandara Prancis (REUTERS/Regis Duvignau)
Ilustrasi: airbus lepas landas di sebuah bandara Prancis (REUTERS/Regis Duvignau)

Airbus meluncurkan pesawat otonom yang dapat terbang sendiri tanpa bantuan pilot. Kini, pesawat tersebut tengah dalam tahap uji coba. Airbus menghadirkan teknlogi lepas landas otomatis pada pesawat.

Pesawat ini nantinya akan bekerja dengan menggunakan pengenalan gambar agar pesawat dapat mendeteksi garis tengah landasan. Selain itu, pesawat ini juga akan menggunakan algoritma dengan CGI dari landasan yang berfungsi untuk menganalisis prosedur lepas landas.

Nantinya, dalam pesawat otomatis tersebut, para pilot yang duduk di kokpit tak perlu menyentuh apapun.

Tahap percobaan itu pun terekam dalam sebuah video. Dalam video tersebut, tampak seorang pilot mencoba menarik bagian dari pesawat untuk lepas landas.

Namun, aksi pilot tersebut langsung dihentikan oleh teman pilotnya yang berada di sebelahnya.

"Saat menyelesaikan penyelarasan landasan dan menunggu izin dari kontrol lalu lintas udara, kami menggunakan pilot otomatis," ungkap Kapten Penguji Airbus, Yann Beaufils.

"Kami memindahkan tuas Throttle ke pengaturan lepas landas dan kami memantau pesawat, itu (pesawat) mulai bergerak dan semakin cepat, secara otomatis mempertahankan garis tengah landasan pacu," lanjutnya.

Kini, sistem pesawat tanpa pilot ini sedang diuji dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi dan sejumlah maskapai. Akan tetapi, sistem ini hanya bisa digunakan saat keadaan sedang darurat saja. Misalnya, saat pilot tiba-tiba sakit atau hal-hal mendesak lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X