KPAI Sebut Anak-anak di Aksi Mujahid 212 Merupakan Korban Orang Dewasa
Dok. KPAI
News

KPAI Sebut Anak-anak di Aksi Mujahid 212 Merupakan Korban Orang Dewasa

Senin, 30 September 2019 11:01 WIB 30 September 2019, 11:01 WIB

INDOZONE.ID - Dalam aksi Mujahid 212 di Jakarta Pusat yang diselenggarakan pada Sabtu (28/9), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga turut melakukan pengawasan.

KPAI menyebut ada ratusan anak yang terlibat dalam aksi tersebut. Mereka rata-rata masih berusia 12 hingga 18 tahun. Selain itu, dalam aksi tersebut juga ada balita.

Para peserta aski datang dari Jakarta, Bekasi, Bogor hingga Banten. Mereka datang dengan menaiki kendaraan umum dan menyetop kendaraan yang bisa mereka tumpangi.

Mereka juga bermalam di masjid sekitaran Juanda, Tanah Abang dan emperan bangunan Monas. Sejumlah anak-anak yang mengikuti aksi tersebut juga tampak kelelahan.

"Tampak di lokasi, anak-anak mulai kelelahan fisik, ada yang tidur-tiduran di aspal samping Patung Kuda atau area aksi. Mereka tidak memiliki uang untuk kembali ke Bogor, sehingga panitia harus memastikan kepulangan mereka dengan selamat," ujar Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak, Jasra Putra.

aksi 212
Dok. KPAI
aksi 212
Dok. KPAI

KPAI sempat mengimbau agar memisahkan anak-anak tersebut dari orang dewasa yang mengikuti aksi dan istirahat di kawasan Monas. Namun, imbauan tersebut tidak digubris.

Kebanyakan diantara mereka juga tidak mengerti apa yang didemokan. Mereka mengikuti aksi tersebut karena ikut orangtua dan datang sendiri karena informasi yang beredar di medsos.

KPAI pun menyayangkan terlibatnya anak-anak dalam aksi tersebut. Menurutnya, mereka adalah korban orang dewasa.

"Kita menyayangkan anak-anak yang datang dalam aksi tersebut tidak mengerti dan memahami apa yang menjadi tuntutan peserta demo tersebut. Jadi anak-anak kita menjadi korban dari orang dewasa. Yang sangat kita sayangkan, minim perspektif perlindungan anaknya. Apalagi tidak ada orang dewasa yang bertanggungjawab secara langsung terhadap anak-anak yang datang di arena aksi tersebut," ujar Jasra. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina
Dina

Dina

Editor
Dina

Dina

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU