Hubungan Diplomatik Buruk, Korean Air Hentikan Penerbangan ke Jepang

- Selasa, 30 Juli 2019 | 11:19 WIB
photo/REUTERS/Christian Charisius
photo/REUTERS/Christian Charisius

Maskapai penerbangan Korea Selatan (Korsel), Korean Air, akan menghentikan penerbangan yang menghubungkan antara kota Busan di Korsel dan Sapporo di Jepang. Kebijakan tersebut berlaku mulai 3 September 2019.

Seorang juru bicara mengatakan, Korean Air sebagai maskapai penerbangan terbaik di Korea juga mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah penerbangan antara kedua negara atau mengganti dengan jenis pesawat yang lebih kecil mulai pertengahan Agustus.

Sementara itu, maskapai penerbangan berbiaya murah milik Korsel, T'Way Air juga akan menangguhkan penerbangan umum menuju tiga bandara di Pulau Kyushu, Jepang. Penghentian tersebut lantaran dipicu hubungan diplomatik yang semakin memburuk dan perseteruan ekonomi di antara kedua negara bertetangga. 

Diketahui, pada bulan lalu, Jepang telah memperketat pengendalian atas ekspor bahan-bahan teknologi tinggi dan tiga bahan kimia ke Korsel, yaitu fluorinated polyimides, photoresist dan hydrogen fluoride.

Nampaknya, kebijakan itu merupakan balasan Jepang atas keputusan pengadilan Korsel yang menetapkan biaya ganti rugi atas kerja paksa pada masa Perang Dunia II.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X