4 Alasan Kaum Milenial Cocok dengan Investasi ORI

- Selasa, 22 Oktober 2019 | 05:51 WIB
Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu, Lotto S Ginting, ketika memberikan paparan dalam acara Orasi di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (21/10). (Indozone/Sigit Nugroho)
Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu, Lotto S Ginting, ketika memberikan paparan dalam acara Orasi di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (21/10). (Indozone/Sigit Nugroho)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengeluarkan produk surat utang ritel yang disebut Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Obligasi ini dikatakan cocok bagi investor pemula, termasuk generasi milenial dengan keuangan terbatas. 

Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu, Loto S Ginting, mengatakan setidaknya ada empat alasan yang membuat anak milenial cocok dengan investasi ORI

Pertama adalah aman karena dijamin negara, kemudian tingkat suku bunga pengembalian yang menarik. 

Lalu pajak yang lebih murah dari pajak deposito, terjangkau karena dimulai dari nominal sejuta rupiah. Serta yang terakhir ikut membantu keuangan negara.  

"Surat utang negara (ORI) dijamin sepenuhnya oleh undang-undang berapapun besarannya. Deposito ada jaminannya hanya cuma sampai Rp2 miliar, selebihnya tidak dijamin," uajr Lotto dalam acara Orasi (Obrolan seputar investasi), di gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (21/10). 

Milenial dengan dana terbatas namun ingin berinvestasi, kata Lotto, sangat cocok jika mengoleksi ORI.

"ORI pembelian minimum boleh Rp1 juta dan kelipatannya. Maksimal Rp3 miliar, terjangkau,'" kata Lotto.

Terkait imbal hasil, Lotto menjelaskan cuan yang dihasilkan lebih tinggi ketimbang investasi pada deposito. Disisi lain, pajak yang dikenakan bagi ORI, jauh lebih rendah daripada pajak deposito.

"Pajak bunga deposito saja 20 persen, sedangkan ORI 15 persen. Bunga ORI juga 6,8 persen, diatas rata-rata bunga deposito," ungkapnya. 

Dari sisi kemudahan, lanjut Lotto, Kemenkeu menggandeng 14 bank, empat perusahaan efek, serta lima perusahaan Fintech sebagai agen penjual ORI.(SN)

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X