Seperti Apa yah RS Khusus Penanganan Pasien Corona di Pulau Galang?

- Rabu, 25 Maret 2020 | 22:49 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kanan) meninjau progres pembangunan RS khusus Corona di Pulau Galang, Batam Rabu (25/3/2020). (ANTARA FOTO)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kedua kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kanan) meninjau progres pembangunan RS khusus Corona di Pulau Galang, Batam Rabu (25/3/2020). (ANTARA FOTO)

Sebuah rumah sakit khusus penanganan pasien positif virus corona atau Covid-19 sedang dibangun di Pulau Galang, Batam,Provinsi Kepulauan Riau. Seperti apa bentuk dan fasilitas yang akan ada rumah sakit tersebut?

Berdasarkan informasi yang diterima Indozone, rumah sakit khusus yang dibangun itu terletak di Pulau Galang ini, akan ada tiga zona dengan spesifikasi dan fasilitasnya yang berbeda-beda.

Untuk Zona A, akan diisi bangunan untuk mess petugas, dokter dan perawat. Pada zona ini juga akan ada gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house.

Pada Zona B akan diisi oleh fasilitas penampungan dan fasilitas pendukung. Fasilitas itu meliputi ruang isolasi, ruang observasi, laboratorium, ruang sterilisasi, GWT, Central Gas Medik, instalasi jenazah, landasan helikopter dan zona utilitas.

Sementara pada zona terakhir yakni Zona C informasinya akan digunakan untuk pemanfaatan cadangan lahan. Tidak jelaskan lebih jauh terkait kegunaan Zona C itu.

-
Progres pembangunan Rumah Sakit Khusus Corona secara keseluruhan telah mencapai 40 persen dan ditargetkan selesai dan siap untuk digunakan pada akhir bulan Maret 2020. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Pada hari ini, Rabu (25/3/2020), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sudah meninjau langsung proses pembangunan rumah sakit itu. Hadi Tjahjanto menyebut proses pembangunan rumah sakit itu baru berjalan sekitar 78 persen.

"Sampai saat ini pembangunan Rumah Sakit sudah mencapai 78 persen dan nantinya rumah sakit ini akan memiliki ruang observasi sebanyak 340 dan ruang isolasi sebanyak 20," kata Marsekal Hadi dalam keterangannya seperti yang diterima Indozone.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X