CEK FAKTA: Benarkah Ada Penyemprotan Racun Jam 11 Malam untuk Atasi Corona?

- Minggu, 22 Maret 2020 | 19:18 WIB
Kiri: Broadcast mengenai penyemprotan racun di aplikasi Whatsapp (Istimewa) / Kanan: Petugas menyemprot cairan disinfektan di Iran (WANA via Reuters)
Kiri: Broadcast mengenai penyemprotan racun di aplikasi Whatsapp (Istimewa) / Kanan: Petugas menyemprot cairan disinfektan di Iran (WANA via Reuters)

Beredar informasi di aplikasi Whatsapp mengenai adanya penyemprotan racun untuk mengatasi virus Corona pada pukul 11 malam. Warga diimbau untuk mengamankan pakaian yang ada di jemuran dan makanan.

“Pemberitahuan bahwasannya nanti mlm pada pukul 23.00 wib agar kita tidak ada yg keluar rumah,jika ad menjemur pakaian atau makanan segera diangkat dibawa masuk,karena mulai pukul 23.00 wib akan ada penyemprotan racun untuk virus corona dari malaysia dan singapore melalui udara.

"Bila besok pagi hujan jgn keluar rumah dulu sampai hujan berhenti..mohon beritahukan kepada keluarga,sahabat atau tetangga bapak ibu sekalian. Trima kasih” demikian broadcast pesan yang menyebar.

-
Broadcast hoax mengenai penyemprotan racun untuk atasi virus corona (Istimewa)

Namun, ini adalah informasi hoax. Akun facebook Markas Angkatan Tentera Malaysia menyatakan bahwa tidak ada helikopter yang akan menyiram racun untuk mengatasi penyebaran virus corona.

Dilansir dari berita.rtm.gov.my, Panglima Angkatan Tentera Malaysia Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Hj Affendi bin Buang TUDM membantah kabar ini. Warga diingatkan untuk tidak mudah terpengaruh berita yang belum pasti kebenarannya mengenai pandemi virus corona.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmaryadi juga menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoax.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X