Ganjar Izinkan Pengelola Candi Borobudur Lakukan Simulasi Penerapan New Normal

- Senin, 8 Juni 2020 | 22:46 WIB
Candi Borobudur. (photo/Ilustrasi/Pixabay)
Candi Borobudur. (photo/Ilustrasi/Pixabay)

Setelah objek wisata budaya, Taman Wisata Candi Borobudur telah ditutup akibat pandemi Covid-19, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo telah memberikan izin kepada pihak pengelola untuk melakukan simulasi penerapan protokol new normal.

Hal itu disampaikan langsung Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rachmadi di Semarang, pada Senin (8/6/2020).

"Konsep simulasi yang diajukan telah kami pelajari, telaah, dan cermati lalu kita ajukan ke Pak Gubernur dan mendapat izin karena memenuhi standar protokol kesehatan pelaksanaan simulasi," kata Nugroho.

Nugroho juga menjelaskan bahwa pelaksanaan simulasi itu nantinya akan berjalan pada Rabu (10/6/2020) mendatang mulai pukul 09.00 WIB dengan 50 peserta. Rencananya, simulasi itu akan dihadiri oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

"Kami minta jumlah peserta dibatasi, dan pihak Taman Wisata Candi Borobudur mengatakan ada 50 peserta meliputi manajemen, Pemkab Magelang, Pemprov, rencananya Pak Gubernur juga akan hadir dan pelaku simulator," tambahnya.

Menurutnya, hal yang penting adalah simulasi tersebut berjalan dengan dikawal oleh beberapa petugas evaluasi. Hal itu untuk memberikan pemahaman dan penguasaan protokol kesehatan.

"Yang penting dalam simulasi adalah adanya petugas evaluasi yang akan mengawal proses simulasi itu berjalan sesuai protokol kesehatan. Bukan hanya sekali, tapi simulasi dilakukan minimal dua kali dengan masing-masing dievaluasi dengan cermat dan matang," katanya.

"Mudah-mudahan simulasi ini menjadi 'masterpiece piloting' destinasi wisata lainnya dalam menggunakan protokol kesehatan," lanjut Nugroho.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X