Beredar Video Orang Berjalan Seperti Penguin Setelah Swab Anal, Pejabat Tiongkok: Hoaks

- Minggu, 7 Februari 2021 | 14:14 WIB
Video orang berjalan seperti penguin setelah dites swab anal. (Youtube/Info Viral fun).
Video orang berjalan seperti penguin setelah dites swab anal. (Youtube/Info Viral fun).

Sebuah video tentang orang berjalan seperti penguin pasca melakukan tes usap anal di Tiongkok tengah viral di media massa. Namun video itu tidaklah tepat, alias hoaks.

Dilihat dari Daily Mail, terlihat sekali banyak orang-orang yang berjalan seperti penguin yang diduga setelah mereka melakukan swab tes anal. Video ini membuat warga pun akhirnya merasa khawatir akan terjadi demikian jika melakukan tes tersebut.

Pihak berwenang mengatakan video itu hanyalah hoaks. Orang yang berjalan seperti penguin itu tidak menunjukkan orang yang telah menjalani swab tes anal. 

Video tersebut adalah rekayasa dan palsu, kata para pejabat, meskipun tidak ada penjelasan tentang apa yang ditampilkan dalam video tersebut.

Baca Juga: Swab Anal di Tiongkok, Warga Merasa Malu dan Alami Gangguan Mental

Pejabat Tiongkok meyakinkan warganya bahwa swab tes anal yang baru diperkenalkan tidak akan membuat mereka berjalan seperti penguin.

Sekadar informasi, Tiongkok telah menggunakan metode swab anal untuk orang-orang yang kembali dari luar negeri dan tinggal di daerah berisiko tinggi Covid-19.

Namun banyak dari warga Tiongkok tak senang dengan metode tersebut. Mereka merasa sangat malu dan akhirnya melampiaskan kemarahan mereka di media sosial. 

Seorang netizen di Xiaohongshu mengatakan, dia mengalami "gangguan mental" ketika diberi tahu bahwa perlu melakukan swab anal setelah kembali dari luar negeri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X