Program Vaksinasi di Indonesia Dilakukan dalam Empat Tahapan

- Senin, 18 Januari 2021 | 17:55 WIB
Vaksinasi Covid-19 di Indonesia dilakukan dalam empat tahap. (photo/ANTARA FOTO/Fauzan)
Vaksinasi Covid-19 di Indonesia dilakukan dalam empat tahap. (photo/ANTARA FOTO/Fauzan)

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan dilakukan dalam empat tahapan. Tahapan pertama sudah dilakukan pemerintah pada 15 Januari 2021 dengan sasaran para petugas kesehatan.

"Program vaksinasi memerlukan waktu, yakni akan dilakukan dalam 4 tahapan. Tahap pertama waktu pelaksanaan Januari hingga April 2021 dengan sasaran tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan," kata juru bicara dr Reisa Broto Asmoro, dalam konferensi pers yang di kanal YouTube Setpres, Senin (18/1/2021).

Kemudian, vaksinasi tahap kedua dilakukan pada Januari hingga April 2021. Akan tetapi, tahap kedua ini sasarannya berbeda dengan tahap pertama.

"Tahap kedua juga pada bulan Januari hingga April 2021, dengan sasaran petugas pelayan publik, yaitu TNI, Polri, aparat hukum dan petugas pelayanan publik lainnya, meliputi petugas di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal," ungkap Reisa.

Tak hanya aparat penegak hukum, tahap kedua ini juga menyasar para pegawai perbankan milik negara. Pada tahap kedua ini, vaksinasi juga menyasar ke masyarakat lansia.

"Kemudian perbankan, PLN, perusahaan air minum serta petugas lainnya yang terlibat langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dalam waktu ini juga termasuk usia lanjut, yakni di atas usia 60 tahun," imbuh Reisa.

Lalu vaksinasi tahap ketiga akan menyasar masyarakat umum yang rentan jika dilihat dari beberapa aspek. Sementara vaksinasi tahap keempat akan menyasar salah satunya ke pelaku perekonomian.

"Tahap ketiga waktu pelaksanaan April 2021 hingga Maret 2022, dengan sasaran masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi," tutur Reisa.

"Tahap keempat juga April 2021 hingga Maret 2022, dengan sasaran vaksinasi adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin," sambung dia.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X