Gawat! Ratusan Benda Antik Museum Sultra Dicuri, Pegawai Geram, 'Maling Tak Berakhlak'

- Rabu, 27 Januari 2021 | 17:59 WIB
Kolase foto koleksi Museum Sulawesi Tenggara sebelum dan sesudah dicuri (Facebook Axa Electone)
Kolase foto koleksi Museum Sulawesi Tenggara sebelum dan sesudah dicuri (Facebook Axa Electone)

Ratusan koleksi Museum Sulawesi Tenggara, Kota Kendari, raib dicuri maling, Selasa (26/1/2021) malam.

Koleksi yang dicuri bervariasi. Mulai dari keris, samurai peninggalan Jepang dan baju adat. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Beredarnya kabar Museum Sulawesi Tenggara dicuri juga disampaikan seorang pegawai melalui akun media sosial Facebook Axa Electone.

"BERITA DUKA..hari ini kantor kami MUSEUM NEGERI SULTRA.. kecurian.. ratusan koleksi BERHARGA kami raib di sikat maling tak berahlak..mohon infonya kalau ada yg menemukan transaksi barang2 peninggalan sejarah seperti guci antik,piring antik dll," tulisnya.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara Dody Syahrulsyah membenarkan peristiwa ini.

"Pelaku pencurian diperkirakan masuk melalui pintu samping belakang gedung koleksi yang tidak terpantau dengan CCTV," ujar Dody dilansir dari ANTARA, Rabu (27/1/2021).

Dody mengimbau masyarakat agar melapor bila melihat atau menemukan koleksi museum tersebut.

"Hingga saat ini, pihak Museum dan Taman Budaya Sultra, belum mengetahui pasti jumlah keseluruhan koleksi benda-benda bersejarah yang hilang diambil maling, namun perkiraannya cukup banyak karena banyak benda-benda logam kecil yang bernilai sejarah masa lampau," ujarnya.

Simak unggahan selengkapnya di bawah ini:

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X