MPR Sebut Indonesia Tegak Berdiri Atas Pengorbanan para Pendiri Bangsa

- Selasa, 24 November 2020 | 17:23 WIB
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid. (Photo/Instagram/@arsyadferdinand)
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid. (Photo/Instagram/@arsyadferdinand)

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, mengatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) masih bisa tetap tegak berdiri karena pengorbanan seluruh rakyatnya termasuk para pendiri bangsa, ada yang mengorbankan jiwa dan raganya, demi kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, ia mengatakan bahwa ada pula para pendiri bangsa yang memberikan kekuasaan dan kekayaan untuk membantu pembangunan Indonesia. Seperti salah satunya yang menyerahkan harta kekayaannya untuk bangsa dan negara Indonesia adalah Sultan Syarif Kasim II, atau Raja Kesultanan Siak Indrapura, Riau.

"Beberapa saat setelah Indonesia merdeka Sultan Syarif Kasim II menyerahkan kedaulatan kerajaan, lalu memilih bergabung dengan NKRI. Beliau juga menyerahkan tanah, mahkota kerajaan berbahan emas dan uang sebesar 13.000.000 guilder, setara dengan Rp1,3 triliun, harta benda itu diserahkan agar lndonesia bisa menjadi negara yang kuat dan kokoh," kata Wahid, dilansir dari Antara, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Pernah Nyakitin Hati Mantan, Pria Ini Ngaku Menyesal, Reaksi Mantannya Bikin Jleb

Hal itu disampaikannya dalam acara Temu Tokoh Nasional/ Kebangsaan, kerjasama MPR dengan Pengurus Daerah Ikatan Da'i Indonesia Dumai, Senin (23/11/2020) lalu. Selain itu, ia juga menilai bahwa apa yang dilakukan oleh Sultan Syarif Kasim II itu merupakan keteladanan yang luar biasa, pengorbanan material yang sangat besar.

"Dan itu membuktikan, bahwa NKRI benar-benar hasil pengorbanan seluruh masyarakat. Bukan perjuangan dan pengorbanan segelintir orang saja," ujarnya.

"Jangan sampai kesepakatan para pendiri bangsa itu tercabik dengan alasan apapun. Karena tercabiknya salah satu kesepakatan, bisa berbuntut panjang, bahkan bisa berakibat bubarnya NKRI," pesannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X