Gunung Semeru Semburkan 4 Kali Guguran Lava Pijar

- Sabtu, 28 November 2020 | 17:39 WIB
Petugas menunjuk ke arah Gunung Semeru dari Pos Pengamatan Gunung Api di Gunung Sawur. (Photo/ANTARA/Zumrotun Solichah)
Petugas menunjuk ke arah Gunung Semeru dari Pos Pengamatan Gunung Api di Gunung Sawur. (Photo/ANTARA/Zumrotun Solichah)

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) di Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur dikabarkan telah menyemburkan guguran lava pijar sebanyak empat kali.

Hal itu disampaikan dari laporan pengamatan petugas PPGA Semeru yang diterima BPBD Lumajang.

"Guguran lava pijar dari puncak Gunung Semeru terjadi pada Jumat (27/11) malam," kata Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo di Lumajang, dilansir dari Antara, Sabtu (29/11/2020).

Selain itu, dari laporan yang diterima oleh BPBD Lumajang, disebutkan bahwa guguran lava pijar sebanyak empat kali dengan jarak luncur sejauh 200-300 meter ke arah besuk kobokan pada periode pengamatan 27 November 2020 pukul 00.00 hingga 24.00 WIB.

Baca juga: Lakukan Penyidikan Bersama Novel Baswedan, KPK Temukan Uang Tunai di Kantor Edhy

"Jarak luncur guguran lava pijar tersebut sangat jauh dari pemukiman warga, sehingga hanya terlihat sinar api dari kejauhan dan warga tetap tenang karena hal tersebut merupakan aktivitas rutin gunung berapi yang aktif," tuturnya menjelaskan.

Sejauh ini, aktivitas Gunung Semeru pada Jumat (27/11/2020) selama 24 jam tercatat mengalami gempa letusan sebanyak dua kali dengan amplitudo 10-16 mm berdurasi 50-82 detik. Kemudian, terjadi pula gempa guguran sebanyak tiga kali dengan amplitudo 2-6 mm selama 57-83 detik.

Kemudian, hembusan sebanyak tujuh kali dengan amplitudo 3-7 mm selama 42-84 detik, gempa tektonik lokal sebanyak satu kali dengan amplitudo 30 mm, dan gempa tektonik jauh sebanyak tiga kali dengan amplitudo 7-14 mm.

"Kami imbau masyarakat juga mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jonggring Seloko dan mematuhi rekomendasi PVMBG seiring dengan Gunung Semeru statusnya waspada," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X