Luhut Berencana 'Longgarkan' Beberapa Wilayah yang Dinilai Alami Penurunan

- Kamis, 14 Mei 2020 | 23:42 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Photo/ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Photo/ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana untuk melonggarkan sejumlah daerah yang dinilai telah mengalami tren penurunan kasus Covid-19.

Hal itu disampaikannya setelah menyerahkan bantuan kesehatan kesehatan dari Bank DBS Indonesia di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

"Dari data-data yang kita dapat juga, kelihatan COVID-19 di beberapa tempat sudah mulai flat tuh, jadi saya pikir sudah bisa tercapai (penurunan) tidak terlalu lama dari sekarang ini," katanya.

Luhut juga menambah daerah seperti Bali, Manado, hingga Yogyakarta yang masih direncanakan untuk melakukan pelonggaran agar ekonomi dapat kembali berangsur normal.

Meski demikian, Luhut tidak menjelaskan secara rinci tentang tujuan pelonggaran yang akan dilakukan walaupun daerah yang disebutkan ialah kawan yang dikenal sebagai pariwisata.

"Kalau ini terjadi, kami juga sudah mulai merencanakan untuk mulai melonggarkan di beberapa tempat. Mungkin Bali, Manado, Yogyakarta, atau mungkin Batam, Bintan yang kasusnya sangat kecil," kata Luhut.

"Tapi kalau melihat data-data tadi, hari ini juga membaik lagi dari kemarin, tentu kita sangat yakin ini (penurunan kasus) terjadi," katanya.

Rencana tersebut akan diambil tergantung dengan perkembangan kasus Covid-19 dalam dua minggu ke depan.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X