Bandung Disebut Sebagai Kota Paling Taat PSBB

- Rabu, 20 Mei 2020 | 13:40 WIB
Patung polisi lalu lintas yang terletak di ruas jalan dipasangkan masker di Bandung, Jawa barat, Jumat (15/5/2020). (ANTARA/Novrian Arbi)
Patung polisi lalu lintas yang terletak di ruas jalan dipasangkan masker di Bandung, Jawa barat, Jumat (15/5/2020). (ANTARA/Novrian Arbi)

Berdasarkan data penyedia aplikasi navigasi perjalanan, Waze, Bandung merupakan kota paling taat menjalankan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang merupakan upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Aktivitas pengemudi di Bandung turun 82% dari jumlah rata-rata kilometer mengemudi sebelum PSBB.

"Kami tidak dapat mengomentari perihal ini karena selain data mengenai kota, kami tidak dapat menjangkau secara lebih spesifik demi melindungi privasi pengguna kami. Namun, kami dapat berbagi data dengan Anda yang menunjukkan perubahan persentase mengemudi yang tercatat di jalan di beberapa wilayah utama di Indonesia sejak PSBB," demikian pernyataan Waze, Selasa (19/5/2020).

Sementara itu, Jakarta menempati posisi kedua sebagai kota yang taat PSBB. Aktivitas pengemudi di Jakarta turun 76%. Kemudian diikuti Surabaya (-75%), Tangerang (-74,%), dan Bekasi (-68%).

Tangerang Selatan memiliki pengurangan lalu lintas terkecil sejak pemberlakuan PSBB dibanding lima kota di atas.

Untuk mengukur dampak dan perubahan lalu lintas di jalan selama masa pandemi, Waze telah mengumpulkan data tentang jumlah mil/kilometer yang ditempuh sebagai pengganti metrik jumlah pengguna aktif yang biasa digunakan.

Sebagian besar pengemudi di seluruh dunia kini berhenti mengemudi sejak munculnya COVID-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X