Sentimen Positif dan Negatif yang Pengaruhi IHSG Hari Ini

- Jumat, 15 Mei 2020 | 10:02 WIB
Ilustrasi harga saham atau indeks harga saham gabungan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Ilustrasi harga saham atau indeks harga saham gabungan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada awal perdagangan Jumat (15/5/2020). Pukul 09.07 WIB, IHSG naik tipis 7,84 poin atau 0,17% ke 4.521,68.

Tim Analis Indo Premier Sekuritas memproyeksikan IHSG akan bervariasi cenderung melemah pada akhir pekan ini, ditopang sentimen positif Wall Street namun terbebani kekhawatiran terhadap kinerja sektor perbankan domestik.

Tim Analis Indo Premier memaparkan, menguatnya indeks bursa Wall Street yang ditopang oleh kenaikan saham sektor perbankan dan menguatnya harga minyak mentah akan menjadi sentimen positif di pasar. 

Sementara itu kekhawatiran investor akan dampak negatif covid-19 terhadap kinerja sektor perbankan akan menjadi katalis negatif bagi IHSG.

Investor juga akan mencermati data neraca perdagangan di bulan April yang menurut konsensus akan membukukan surplus $0.74 miliar.

"IHSG diprediksi akan bergerak bervariasi cenderung melemah dengan support di level 4,465 dan resistance di level 4,575," ujar Tim Analis dalam hasil risetnya pagi ini. 

-
Ilustrasi IHSG. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Sementara itu, kurs rupiah terhadap dolar AS pagi ini pukul 09.45 WIB juga menguat tipis. Rupiah menguat 16 poin atau 0,11% ke level Rp14.864/US$. 

Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih dibayangi kekhawatiran investor akan prospek perekonomian AS. Kondisi ini membuat kurs rupiah diprediksi stabil hari ini.

Ekonom Pefindo, Fikri C Permana mengatakan belum ada isu baru dari faktor eksternal yang bisa mengubah pergerakan kurs rupiah pada hari ini secara signifikan. Investor masih dibayangi kekhawatiran akan prospek perekonomian AS seiring begitu besarnya jumlah pengangguran akibat hantaman wabah virus corona.

"Belum ada data baru global yang bisa mengubah sentimen pasar hari ini," kata Fikri kepada Indozone, Jumat (15/5/2020). 

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X