Kronologi Penyerangan Polsek Daha Selatan oleh OTK, Tewaskan Satu Polisi

- Senin, 1 Juni 2020 | 15:20 WIB
Mobil patroli Polsek Daha Selatan, Polres Hulu Sungai Selatan yang dibakar oleh orang tak dikenal (ANTARA/Fathurrahman)
Mobil patroli Polsek Daha Selatan, Polres Hulu Sungai Selatan yang dibakar oleh orang tak dikenal (ANTARA/Fathurrahman)

Polsek Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Senin (1/6/2020), sekitar pukul 02.15 WITA diserang orang tak dikenal (OTK), kemudian membakar satu mobil patroli polisi.

Dari kejadian itu, dilaporkan satu personel Polsek Daha Selatan, Brigadir Leo Nardo Latupapua meninggal dunia akibat diserang orang tak dikenal.

Berdasarkan laporan Polres Hulu Sungai Selatan ke Polda Kalsel, kronologis penyerangan terjadi saat anggota jaga Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polsek Daha Selatan melaksanakan piket jaga malam yang berjumlah tiga orang.

Ketiga personel polisi yang saat itu bertugas, di antaranya Brigadir Leonardo Latupapua Kepala SPKT III, Brigadir Djoman Sahat Manik Raja, dan Bripda M Azmi.

Saat itu, Bripda Azmi berada di ruangan unit reskrim, tiba-tiba mendengar ada keributan di ruang SPKT. Ia langsung mendatangi ruangan SPKT dan melihat keadaan Brigadir Leonardo Latupapua sudah mengalami luka bacok. 

Bripda Azmi langsung mendatangi Kanit Intel Brigadir Sahat. Kedatangannya ke Brigadir Sahat untuk minta tolong dan bersama-sama mendatangi ruang SPKT.

Namun, orang tak dikenal tersebut mengejar anggota yang mendatangi ruang SPKT dengan senjata tajam jenis samurai. Anggota yang dikejar itu lantas lari ke ruang intel dan Binmas, lalu mengunci ruangan dari dalam sambil meminta bantuan dan menelepon pihak Polres Hulu Sungai Selatan.

Sementara itu, OTK yang bertindak sebagai pelaku penyerangan bersembunyi di ruangan Unit Reskrim Polsek Daha Selatan.

Saat bantuan dari Polres Hulu Sungai Selatan datang ke lokasi, OTK itu tetap tidak mau menyerah, sehingga dilakukan tindakan tegas dengan menembak pelaku yang sebelumnya telah membakar satu unit mobil patroli dan menyerang anggota Polsek Daha Selatan.

Kapolres Hulu Sungai Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi Dedy Eka Jaya membenarkan terjadinya peristiwa penyerangan yang mengakibatkan salah satu anggota Polsek Daha Selatan meninggal dunia. 

Hingga saat ini, tim dari Polres Hulu Sungai Selatan dan Polda Kalimantan Selatan masih di lapangan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Benar ada satu anggota kami yang meninggal karena peristiwa penyerangan tadi pagi, dan untuk diketahui serta meluruskan informasi yang beredar saat ini bahwa pelaku penyerangan hanya satu orang dan juga sudah meninggal dunia," katanya pula.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X