Amien Rais Ucap Inna Lillahi Wa Innailaihi Rojiun Soal Skenario Jokowi 3 Periode, Ada Apa?

- Minggu, 14 Maret 2021 | 14:19 WIB
Amien Rais. (YouTube)
Amien Rais. (YouTube)

Amien Rais sampai harus mengucap 'Inna Lillahi Wa Innailaihi Rojiun' saat membahas soal skenario pelolosan amandemen UUD 1945 tentang masa jabatan presiden selama tiga periode yang ia yakini sedang diupayakan oleh pemerintahan Jokowi.

Mantan pentolan Partai Amanat Nasional (PAN), yang juga pernah menjabat Ketua MPR RI itu yakin membeberkan skenario yang mungkin dilakukan untuk meloloskan amandemen tersebut.

Skenario tersebut, menurut Amien, melibatkan seluruh lembaga negara, termasuk DPR, MPR, DPR, hingga TNI dan Polri.

"Yang paling bahaya adalah bahwa ada usaha yang betul-betul luar biasa. Skenario. Supaya nanti presiden kita, Pak Jokowi itu, bisa mencengkeram semua lembaga negara, terutama DPR, MPR, dan DPD. Kemudian bahkan bisa melibatkan TNI dan Polri untuk diajak main politik sesuai dengan selera rezim," kata Amien, melalui  tayangan video di Youtube Amien Rais Official, Sabtu malam, 13 Maret 2021. 

"Tentu hal ini sangat berbahaya. Jadi sekarang sudah ada semacam publik opini yang mula-mula samar-samar, tapi sekarang makin jelas ke arah mana rezim Jokowi ini untuk melihat masa depannya," lanjut Amien.

Amien bilang, skenario tersebut mula-mula dijalankan dengan menggelar sidang istimewa MPR untuk merevisi sejumlah pasal. Lalu, akan ditawarkan pasal baru mengenai seseorang bisa dipilih menjadi presiden selama tiga periode.

"Kemudian nanti akan ditawarkan pasal baru yang kemudian memberikan hak bahwa Presiden itu bisa dipilih tiga kali," katanya.

"Kalau ini betul-betul keinginan mereka maka saya kira kita sudah segera bisa mengatakan Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun," ujar Amien pula.

Untuk itu, Amien berharap skenario tersebut tidak sampai terjadi sungguh-sungguh, karena hal itu bisa menghancurkan demokrasi dan negara.

"Saya meminta saudara-saudara sekalian para anggota DPR, MPR, DPD, lembaga-lembaga tiggi negara yang lain, akankah kita biarkan ploting rezim sekarang ini akan memaksa masuknya pasal supaya bisa dipilih ketiga kalinya itu?" katanya.

Sebelumnya, Amien juga buka suara soal pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat oleh Moeldoko melalui mekanisme Kongres Luar Biasa (KLB).

Menurut Amien, hal tersebut merupakan suatu tindakan politis yang luar biasa.

Ia yakin bahwa Moeldoko sudah mendapat 'kode' untuk merebut Partai Demokrat dari seseorang yang ia sebut 'lurah'.

"Saya tidak yakin Moeldoko berani, seberani itu tanpa kerlingan atau kedipan dari lurah kita itu," kata Amien.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X