Belum Juga Hamil, Wanita Ini Baru Tahu Kalau Dia Punya Hormon Setengah Pria atau Interseks

- Selasa, 16 Maret 2021 | 22:38 WIB
Ilustrasi pemeriksaan ke dokter. (Photo/Ilustrasi/Pexels)
Ilustrasi pemeriksaan ke dokter. (Photo/Ilustrasi/Pexels)

Seorang wanita di Tiongkok belakangan ini mengetahui kenyataan yang membuatnya terkejut. Hal itu karena ia telah melalui sebuah hal yang mengubah hidup setelah menemukan dokternya bahwa dia sebenarnya terlahir sebagai seorang pria dan interseks.

Dilansir dari laporan Independent, Selasa (16/3/2021), wanita itu telah mencoba hamil selama beberapa waktu tetapi tidak berhasil. Namun, ketika dia pergi ke dokter untuk menemui dokter karena cedera pergelangan kaki, dia terkejut mengetahui bahwa dia terlahir sebagai pria biologis.

Wanita yang berusia 25 tahun itu dan bernama Pingping, mengatakan dia tidak pernah mendapat menstruasi dan memiliki organ kelamin wanita di luar. Dia telah hidup sebagai seorang wanita sepanjang hidupnya.

Dia tersandung pada berita mengejutkan setelah dia menjalani rontgen pergelangan kakinya yang terluka ketika dokter secara mengejutkan memberi tahu dia bahwa dia memiliki kromosom Y laki-laki.

Mengutip dari laporan SCMP, hal tersebut diketahui sebagai kondisi langka pada manusia dan terkadang diidentifikasi sebagai interseks. Interseks adalah istilah umum untuk tubuh yang berada di luar biner pria dan wanita.

Baca juga: Definisi Alam Menakutkan saat Nelayan Ini Temukan Hiu Putih Besar Memakan Bangkai Paus

“Ketika saya masih muda, ibu saya membawa saya ke dokter. Dokter mengatakan saya hanya berkembang lebih lambat dari yang lain secara seksual, dan saya bisa mengalami menstruasi dalam beberapa tahun,” kata Pingping kepada dokter setempat.

"Setelah saya dewasa, saya merasa masalah ini cukup memalukan, jadi saya tidak menanganinya dengan serius," tambahnya.

Sementara itu, Pingping kemudian bertanya dan memberitahu kondisinya kepada ahli endokrinologi. Ia juga menjelaskan bahwa dia dan suaminya telah mencoba untuk mendapatkan sang buah hati.

"Saya dan suami saya telah mencoba memiliki bayi selama setahun meskipun sia-sia. Apakah itu juga terkait (dengan usia tulang saya dan tidak adanya menstruasi)?” ungkapnya.

Tes lebih lanjut menunjukkan bahwa dia menderita tekanan darah tinggi dan kalium darah rendah. Menurut laporan WION, Selasa (16/3/2021), ini adalah gejala khas penyakit yang disebut hiperplasia adrenal kongenital, yang kemungkinan dapat menyebabkan gangguan perkembangan seksual.

Dokter menyarankan bahwa ini mungkin karena orang tuanya sangat dekat satu sama lain. Setelah menjalani tes genetik, terungkap bahwa kariotipe Pingping adalah 46XY, sesuatu yang ditemukan pada pria yang tidak memiliki alat kelamin baik pria maupun wanita.

Pingping menemukan bahwa dia tidak hanya tidak memiliki rahim atau ovarium, dia juga kekurangan alat kelamin laki-laki atau jakun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X