Jokowi Ingin Pilkada 2020 di Tengah Pandemi Jadi Momentum Tampilkan Inovasi Baru

- Rabu, 5 Agustus 2020 | 13:12 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA/Wahyu Putro A)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA/Wahyu Putro A)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan pada 9 Desember mendatang menampilkan inovasi-inovasi baru di tengah pandemi virus corona.

Inovasi-inovasi baru itu, disampaikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut adalah bisa ditunjukkan dari sisi penyelenggara, maupun para peserta Pilkada 2020.

"Yang ketiga tentu saja ini juga menjadi momentum yang baru untuk menampilkan cara-cara berpilkada dengan cara baru inovasi baru dalam berdemokrasi di masa pandemi, baik itu dari sisi penyelenggara maupun dari sisi peserta," ucap Jokowi dalam rapat terbatas, Rabu (5/8/2020).

Lebih lanjut, menurut laporan yang diterimanya melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Jokowi pun telah menerima laporan kesiapan anggaran dalam hal menyelenggarakan Pilkada tersebut.

Selain itu, Jokowi juga akan meminta laporan anggaran mengenai antisipasi kerawanan dan keamanan dalam Pilkada 2020. Pasalnya, pesta demokrasi tersebut akan melibatkan kurang lebih sebanyak 270 daerah.

"Yang keempat saya juga sudah mendapatkan laporan dari Menteri Dalam Negeri mengenai kesiapan anggaran dan juga nanti saya minta laporan mengenai antisipasi kerawanan dan keamanan dalam Pilkada 2020," terangnya.

"Ini yang menyangkut kurang lebih 270 Pilkada baik pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota. Saya rasa itu sebagai penghantar yang bisa saya sampaikan," tutup Jokowi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X