NASA Luncurkan Foto Tampilan Lautan Bukit Pasir di Mars!

- Senin, 12 April 2021 | 15:16 WIB
Tampilan lautan bukit pasir di Mars. (photo/Dok.NASA/JPL-Caltech/ASU)
Tampilan lautan bukit pasir di Mars. (photo/Dok.NASA/JPL-Caltech/ASU)

Pada hari Kamis, NASA telah meluncurkan foto menakjubkan dari lautan bukit pasir di Mars. Itu juga menunjukkan garis pahatan angin di sekitar topi kutub utara Mars yang membeku.

Bagian yang ditangkap dalam bidikan itu mewakili area seluas 31 km, ungkap NASA. Tetapi, lautan bukit pasir sebenarnya mencakup area seluas Texas. Foto itu adalah gambar berwarna palsu, artinya wakili suhu. 

Biru mewakili iklim yang lebih dingin, dan bayangan kuning menandai 'bukit pasir yang hangat dikarenakan sinar matahari. Ini diungkapkan langsung oleh badan antariksa AS. 

-
Tampilan lautan bukit pasir di Mars. (photo/Dok.NASA/JPL-Caltech/ASU)

Foto itu dibuat dari kombinasi gambar yang diambil dengan instrumen Thermal Emission Imaging System di pengorbit Mars Odyssey, tulis NASA. Diambil selama periode Desember 2002 hingga November 2004, gambar-gambar menakjubkan ini telah diluncurkan untuk menandai ulang tahun ke-20 dari Odyssey. 

Sekadar informasi, pengorbit Mars Odyssey merupakan pesawat ruang angkasa robotik yang mengelilingi Mars dengan memakai pencitraan termal untuk mendeteksi bukti air dan es di planet tersebut. Pesawat ini diluncurkan 2001 dan menjadikannya pesawat luar angkasa Mars yang bekerja paling lama dalam sejarah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X