Hari Bhayangkara, Warga yang Lahir Tanggal 1 Juli Bisa Bikin SIM Gratis

- Selasa, 30 Juni 2020 | 11:48 WIB
Pemohon mengikuti tes pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polrestabes Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/6/2020). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Pemohon mengikuti tes pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polrestabes Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/6/2020). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memberikan pelayanan pembuatan SIM gratis di Hari Bhayangkara ke-74. Pelayanan pembuatan SIM gratis itu ditujukan kepada masyarakat yang lahir pada 1 Juli di seluruh Indonesia.

Pelayanan itu tertuang pada surat telegram rahasia (TR) Kapolri bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020. Surat TR Kapolri itu ditandatangani langsung oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono.

Surat telegram itu berisi pelayanan penerbitan SIM di satpas untuk setiap wilayah di seluruh Indonesia. Pelayanan yang diberikan Polri yakni bebas biaya pengurusan SIM untuk masyarakat yang lahir pada 1 Juli.

"Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Selasa (30/6/2020).

Sementara itu, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusuf mengatakan layanan SIM gratis ini hanya untuk SIM A dan SIM C. Persyaratannya hanya dengan membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, serta membawa SIM asli untuk proses perpanjangan.

"Sampai saat ini jumlah warga yang sudah mendaftar program SIM gratis ini sebanyak 4.308 orang di seluruh Indonesia," kata Yusuf. 

Seluruh polres jajaran sudah bersiap menjalankan pelayanan itu. Sepeti halnya yang dilakukan Polres Kobar, Kalimantan Tengah. Satuan Lalu Lintas Polres Kobar bahkan sudah menyiapkan doorprize menarik berupa dua unit handphone bagi pendaftar SIM gratis.

Sama seperti Polres Kobar, Polres Pandeglang, Banten juga menyiapkan undian berhadiah menarik berupa sepeda. Jika tidak beruntung, pemohon SIM yang sudah terdaftar mendapatkan souvenir menarik.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X