Vaksinasi Dosis Ketiga Bagi Nakes Akan Menggunakan Vaksin Moderna

- Jumat, 9 Juli 2021 | 18:48 WIB
Vaksin Covid-19 Moderna. (REUTERS/Dado Ruvic)
Vaksin Covid-19 Moderna. (REUTERS/Dado Ruvic)

Sebanyak 1,47 juta tenaga kesehatan  (nakes) bakal mendapatkan vaksinasi ketiga. Hal ini sebagai upaya booster bagi mereka yang selalu menjadi garda terdapan dalam  menangani pandemi Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, setelah pihaknya melakukan diskusi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan ITAGI, maka diputuskan para nakes akan mendapatkan vaksin Moderna sebagai vaksinasi booster mereka.

"Kami juga sudah berdiskusi dengan BPOM dan ITAGI sebagai penasehat indenpenden, mengenai program vaksinasi ini dan sudah menyetujui vaksin ketiga akan diberikan menggunakan vaksin Moderna," ujar Budi dalam konfrensi pers virtual, Jumat (9/7/2021).

Diharapkan dengan adanya vaksinasi ketiga ini kepada tenaga kesehatan bisa menghadirkan kekebalan yang maksimal bagi mereka dalam menghadapi varias-varias mutasi virus Corona.

"Sehingga dengan demikian bisa memberikan kekebalan yang maksimal terhadap variasi-varia mutasi virus yang ada," paparnya.

Di sisi lain dia memperkirakan vaksinasi kepada para tenaga kesehatan bisa dilakukan mulai pekan depan. Dimana terlebih dahulu vaksin Moderna akan tiba di Tanah Air pada hari Minggu ini.

Baca Juga: Polri akan Lakukan Segala Cara untuk Pastikan PPKM Darurat Berjalan Baik

"Vaksin Moderna rencananya akan datang di hari minggu dan diharapkan minggu depan sudah bisa kita mulai," tegasnya.

Lebih jauh Budi menekankan bilamana vaksinasi ketiga hanya diberikan kepada tenaga kesehatan. Dia menjelaskan hingga target vaksinasi masih belum mencangkup seluruh wilayah Indonesia dan Nakes selalu bertemu dengan virus Corona ini.

"Catatan kami adalah karena memang kondisi vaksinasi kita masih belum mencakup seluruh target vaksinasi. Maka penting untuk kita pahami vaksinasi ketiga ini hanya diberikan kepada tenaga kesehatan, vaksinasi ketiga ini hanya diberikan kepada tenaga kehatan," ungkap Budi.

"Karena tenaga kesehatan kita setiap hari bertemu dengan virus yang tinggi kadarnya, dan mereka harus kita lindungi mati-matian agar bisa konsentrasi bekerja," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X