The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

CEK FAKTA: Benarkah Menag Yaqut Cholil Bagian dari Kristen Radikal yang Pura-Pura Mualaf?
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja),Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

CEK FAKTA: Benarkah Menag Yaqut Cholil Bagian dari Kristen Radikal yang Pura-Pura Mualaf?

Hoaks.

Rabu, 05 Mei 2021 10:52 WIB 05 Mei 2021, 10:52 WIB

INDOZONE.ID - Beredar isu panas di lini masa yang menyebut jika  Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil berasal dari kelompok Kristen Radikal. Ia juga disebut berpura-pura masuk Islam untuk bisa diterima di kalangan Nahdlatul Ulama (NU)

Kabar tersebut muncul dari sebuah akun dari Facebook dengan nama Dewi Tanjung Biru yang membagikan sebuah screenshot chat WhatsApp. 

Berikut bunyi sebagian narasinya. 

“Siapa Yaqut Cholil, Mereka dari kelompok Kristen radikal yang berlindung di balik Gereja katedral Jakarta, Pion dari zionis AS (1996) berpura pura menjadi Mualaf, Dengan berkedok Mualaf untuk bisa diterima di kalangan NU Jatim menyusup ke kader PDIP jadi kader koloni dgn Banser Ansor yang disetel oleh taipan James Riady dan Hendra Priyono," tulis narasi tersebut.

"Ingat Ahmadiyah dulu Yaqut Cholil salah satu tokoh pendukung Ahmadiyah 2004, Akrab dengan PBNU dan dipersiapkan untukjadi ketua umum Ansor 2014 yang lalu, Suport dana dari taipan via Gereja katedral dan PDIP serta Ansor Banser, Banser Ansor kader kadernya hampir 80% kader Neo Komunis yunior ex anak tapal kader PKI sekarang Menag, Dia dipersiapkan sejak 2017 yang lalu bakalan buat heboh melegalkan UU LGBI kaum lesbian,gay dll, Yaqut Cholil masih satu misi dengan gembong Islam liberal yang menyusup ke NU bahkan Abdul moqsith Ghozali yang masuk melalui referensi KH Ma’aruf Amin.”

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Baca Juga: Pilu Bocah Kembar di Sukabumi Jadi Korban Keracunan Olahan Ikan Pindang

Namun, isu tersebut hanyalah berita bohong atau hoaks. Hal itu dijelaskan melalui situs turnbackhoax.id yang memiliki beberapa bukti akan latar belakang sang Menag. 

Yaqut Cholil sudah lama mengikuti aktivitas agama Islam karena tumbuh di lingkungan religius yakni di Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah. Ia dibimbing dan dibina langsung ayahandanya yang merupakan ulama terkemuka asal Rembang, KH Cholil Bisri, kakak KH Ahmad Mustofa Bisri, keluarga pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Dilansir dari laman resmi nu.or.id, Yaqut Cholil, merupakan pendiri dari organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Depok. Selain itu, Menag Yaqut Cholil, atau biasa disapa Gus Yaqut juga pernah mengabdikan dirinya sebagai Ketua Umum PP GP Ansor periode 2015-2020 yang secara resmi dilantik pada Kongres XV di Pondok Pesantren Pandanaran, Yogyakarta.

Dengan bukti tersebut, otomatis isu yang menyatakan Menag Yaqut Cholil berasal dari kelompok kristen radikal dan mualaf merupakan hoax dengan kategori konten yang menyesatkan.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US