Imigrasi Benarkan WN China Masuk dari Bandara Soetta Saat Warga Dilarang Mudik & Bepergian

- Kamis, 6 Mei 2021 | 16:15 WIB
Warga negara China diperkenankan masuk melalui pintu Bandara Soetta. (Istimewa)
Warga negara China diperkenankan masuk melalui pintu Bandara Soetta. (Istimewa)

Di tengah banyak warga dilarang mudik hingga banyak transportasi darat, laut dan udara harus hentikan operasi, warga negara China malah bebas diperkenankan masuk melalui pintu Bandara Soekarno Hatta.

Hal ini dibenarkan oleh Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham Arya Pradhana Anggakara kepada wartawan, Kamis (6/4/2021).

"Benar, secara keimigrasian, diketahui bahwa visa dan dokumen keimigrasian mereka sudah sesuai dengan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020," kata Arya Pradhana.

Arya mengkonfirmasi Selasa 4 Mei 2021, jam 14.55 WIB telah mendarat 85 WN Cina dan 3 WNI menggunakan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

Namun demikian, Arya tak merinci tujuan kedagangan warga negara China tersebut di tanah air.

Dia hanya mengungkapkan kalau warga negara China tersebut telah dilakukan pemeriksaan sesuai dengan aturan atu protokol kesehatan yang berlaku.

"Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, para penumpang telah melalui pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri oleh pihak KKP Kemenkes," ujarnya.

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, beredar video rombongan dari warga negara China di Bandara Soetta. Mereka bebas berpergian tanpa ada masalah pemblokiran atau pencegatan oleh petugas.

Dalam video tersebut, puluhan WN China yang mayoritas pria, tampak membawa banyak barang dan bergerombol di pinggir jalan menunggu jemputan. 

Tak berapa lama, puluhan WN China itu kemudian dijemput menggunakan bus besar lalu pergi. 

Tentu saja perlakuan yang berbeda ini menuai polemik di mana bertentangan dengan kebijakan pemerintah yang melarang warga untuk mudik demi menekan penyebaran Covid-19.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X