Klaim BKN Soal Tes Wawasan Kebangsaan KPK: Beda dengan CPNS

- Minggu, 9 Mei 2021 | 10:25 WIB
Gedung KPK. (INDOZONE)
Gedung KPK. (INDOZONE)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengklaim bahwa tes wawasan kebangsaan (TWK) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai salah satu syarat peralihan pegawainya menjadi PNS berbeda dengan TWK untuk CPNS.

"Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dilakukan bagi pegawai KPK ini berbeda dengan TWK yang dilakukan bagi CPNS," ucap Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama, Prayono dalam keterangannya, Minggu (9/5/2021).

Ia menjelaskan bahwa CPNS adalah jenjang pemula, sehingga soal-soal TWK yang diberikan berupa pertanyaan terhadap pemahaman akan wawasan kebangsaan. Sedangkan TWK bagi pegawai KPK ini dilakukan terhadap mereka yang sudah menduduki jabatan senior.

"Sehingga diperlukan jenis tes yang berbeda, yang dapat mengukur tingkat keyakinan dan keterlibatan mereka dalam proses berbangsa dan bernegara," terangnya.

Sehubungan dengan hal itu, dan untuk menjaga independensi, maka dalam melaksanakan asesmen tes wawasan kebangsaan dalam rangka pengalihan pegawai KPK menjadi ASN dimaksud, digunakan metode Assessment Center yang juga dikenal sebagai multi-metode dan multi-asesor.

"Multi-metode (penggunaan lebih dari satu alat ukur). Dalam asesmen ini dilakukan dengan menggunakan beberapa alat ukur, yaitu tes tertulis Indeks Moderasi Bernegara dan Integritas (IMB-68), penilaiaan rekam jejak (profiling) dan wawancara," papar Prayono.

BACA JUGA: Pemprov DKI Tolak 1.132 Pengajuan SIKM, Ini Alasannya

Sedangkan Multi-Asesor, Prayono menjelaskan, dalam asesmen ini asesor yang dilibatkan tidak hanya berasal dari BKN, namun melibatkan asesor dari instansi lain yang telah memiliki pengalaman dan yang selama ini bekerja sama dengan BKN dalam mengembangkan alat ukur tes wawasan kebangsaan.

"Seperti Dinas Psikologi TNI AD, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), BAIS dan Pusat Intelijen TNI AD," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X