Heboh Rumah Putra Bungsu SBY Disegel KPK, Ini Faktanya!

- Kamis, 29 Juli 2021 | 17:48 WIB
Putra kedua SBY, Ibas Yudhoyono. (photo/Instagram/@ibasyudhoyono)
Putra kedua SBY, Ibas Yudhoyono. (photo/Instagram/@ibasyudhoyono)

Baru-baru ini viral narasi video yang menyebutkan rumah Edhie Baskoro Yudhoyono, putra bungsu Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disegel oleh KPK. Narasi video mengatakan penyegelan dilakukan karena kasus hambalang.

Narasi itu diunggah oleh kanal YouTube Teropong Istana pada Sabtu (24/7/2021) dalam vidoe yang berjudul, "BERITA VIRAL ~ AKHIRNYA KPK SITA SELURUH ASET EDI BASKORO ~ BERITA TERBARU".

Thumbnail atau gambar mini video itu menggambarkan sosok Edhie atau Ibas memakai rompi oranye dengan didampingi petugas KPK yang menjemputnya.

"Akhirnya terjadi! Rumah Edi Baskoro disegel terlibat kasus hambalang akhirnya KPK lakukan ini, begitu isi narasi dalam thumbail tersebut."

Lalu, benarkah klaim narasi video tersebut?

Setelah diselidiki, ternyata narasi video yang menyebut rumah Ibas disegel KPK adalah berita palsu, keliru atau hoaks.

Foto thumbnail itu hanyalah editan belaka. Hal itu bisa dilihat dari bagian badan dari sosok yang digambarkan sebagai Ibas.

Isi video yang berdurasi 10 menit 3 detik itu juga tak menjelaskan informasi tentang penyegelan rumah Ibas.

Akan tetapi, isi video itu hanya menyampaikan pendapat seorang pegiat media sosial bernama Alif Fruahman mengenai alasan mengapa Ibas tidak diangkat sebagai ketua umum Partai Demokrat.

Selain itu, informasi video tersebut juga menyampaikan tentang ketidakpuasan yang dirasakan oleh anggota Partai Demokrat.

Jadi bisa disimpulkan bahwa video tentang rumah Ibas disegel KPK tidaklah benar alias hoaks.

 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X