Jokowi: IKN Akan Berkonsep Forest City, 70 Persen Harus Area Hijau

- Selasa, 22 Februari 2022 | 16:12 WIB
Desain Nagara Rimba Nusa pemenang terbaik pertama Sayembara Gagasan Desain Kawasan IKN oleh Kementerian PUPR. (ANTARA NEWS/Aji Cakti)
Desain Nagara Rimba Nusa pemenang terbaik pertama Sayembara Gagasan Desain Kawasan IKN oleh Kementerian PUPR. (ANTARA NEWS/Aji Cakti)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut membeberkan konsep Ibu Kota Negara (IKN) yang disebutnya akan menjadi kota ramah lingkungan.

Dia berkata konsep IKN adalah smart forest city. Di mana akan dikelilingi oleh lingkungan hutan yang hijau dengan dikelola teknologi modern.

“Konsep besar adalah smart forest city. banyak hijaunya dan hutannya, semua dikelola teknologi modern,” kata Jokowi saat meresmikan NasDem Tower sebagaimana dilihat dari YouTube, Selasa (22/2/2022).

Dilanjutkan Jokowi, nantinya pemerintah megagas Ibu Kota dengan 70 persen harus area hijau. Kemudian 80 persen mobilitas penduduknya akan didukung oleh transportasi publik dan bukan kendaraan pribadi.

“70 persen areanya harus menjadi area hijau. 80 persen itu didukung energi hijau. Sehingga di IKN diperkirakan oleh city planner dari satu titik ke titik lain itu memakan waktu 10 menit,” ungkap dia.

Lebih lanjut nantinya IKN bakal memberikan prioritas kepada pejalan kaki, pesepeda dan transportasi umum. IKN Nusantara disebutnya cocok bagi penduduk yang memang lebih suka berjalan kaki ataupun menggunakan sepeda dalam bermobilitas.

“Kalau yang senang naik mobil, apalagi BBM fosil jangan pindah ke IKN,” imbau Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan perihal sumber anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Di mana kata dia IKN bakal bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Banyak yang bertanya ke saya, terus anggarannya dari mana? Untuk kawasan inti yang di situ ada Istana dan gedung kementerian itu dari APBN," tutup dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X