Polisi Makassar Tangkap Sekitar 100 Orang Diduga Preman

- Minggu, 13 Juni 2021 | 09:58 WIB
Para preman ditangkap polisi Makassar (Antara)
Para preman ditangkap polisi Makassar (Antara)

Sekitar 100 diduga preman diamankan polisi di Makassar, Sulawesi Selatan. Penangkapan ini menindaklanjuti arahan Kapolri untuk memberantas premanisme dan Pungutan Liar.

"Kami melakukan Operasi Pekat yaitu operasi premanisme sesuai arahan dan perintah pimpinan," kata Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKP Sugeng Suprijanto, Sabtu (12/6/2021).

Operasi pemberantasan premanisme tersebut dilakukan pada semua jalan raya protokol, termasuk tempat yang dianggap mengganggu kerawanan lalulintas dan keamanan Kota Makassar.

Beberapa dari yang diamankan petugas adalah "pak ogah" atau orang yang mengarahkan kendaraan pada tiap belokan atau bukaan di jalan raya.

"Diamankan seratusan orang kurang lebih. Mereka diamankan pada beberapa titik. Mereka diduga melakukan parkir liar dan pemalakan orang maupun aktivitas kendaraan yang akan berbelok di tikungan (bukaan) pada sejumlah jalan raya," ungkap dia.

Seluruh preman tersebut dibawa ke kantor Polrestabes Makassar untuk didata dan diminta keterangannya. Bila terbukti bersalah maka akan ditahan.

Polisi juga akan melakukan pemeriksaan intensif terhadap tukang parkir ilegal ini. Mereka akan dikembalikan ke orang tua jika dinyatakan tidak bersalah.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya memberantas premanisme setelah ditelpon oleh Presiden Jokowi soal pungli sopir truk Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X