BNPB Minta Masyarakat Waspada Banjir Saat Nataru

- Senin, 13 Desember 2021 | 14:43 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kanan) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) di Kantor Kecatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. (Dok. BNPB)
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kanan) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) di Kantor Kecatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. (Dok. BNPB)

Letnan Jenderal TNI Suharyanto, Kepala BNPB meminta kepada masyarakat untuk mengantisipasi periode puncak hujan, saat natal dan tahun baru (Nataru).

Suharyanto menyatakan, pada periode musim hujan yang jatuh pada bulan Desember, Januari dan Februari biasanya berpotensi mengikabatkan bencana alam khususnya banjir.

Baca juga: BNPB: Menteri dan Anggota DPR Dapat Pengecualian Soal Karantina Covid-19

“Menjelang natal dan tahun baru, masyarakat harus siap dan mengantisipasi periode puncak musim hujan yg tjd pada bulan Desember, Januari, dan Februari. Yang tentunya dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi khususnya banjir,” ungkap Suharyanto dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/12/2021).

Suharyanto mengutip prakiraan dari BMKG. Di mana asa beberapa daerah yang perlu waspada, karena berpotensi tinggi bencana banjir di bulan Desember ini.

Pertama adalah Kabupaten Ketapan Kalimantan Barat, kedua Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan, ketiga Kabupaten Konawe Sulawesi Utara, keempat Kabupaten Mimika Papua dan kelima Kabupaten Wamena Papua.

“Selain itu kami juga merekomendasikan agar kesiap siagaan bencana hidrometeorologi dilakukan sevara berjenjang di setiap level mulai dari level provinsi mauoun level kelurahan,” jelas dia.

Dilanjutkan dia, BNPB sudah membagikan tugas setiap level dalam antisipasi bencana alam. Baik dari level kecamatan hingga Kepala Daerah, sehingga mereka paham dengan tugasnya masing-masing.

“Kamu sudah bagi sedemikian rupa sehingga masing-masing level, baik level provinsi, kab kota, kecamatan, sampai kelurahan tugasnya masing-masing sudah terurai. Dan ini sudah kami sampaikan ke jajaran bawah agar para Gubernur, para Bupati, para Wali Kota, para Camat, para Lurah, sudah paham tugasnya masing-masing,” tutupnya.

Artikel menarik lainnya:


 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X