The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Update Kasus Mafia Karantina, 2 WN India Ditangkap karena Jadi Klien, Begini Cara Mainnya
Polisi memantau WNA yang diisolasi (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
News

Update Kasus Mafia Karantina, 2 WN India Ditangkap karena Jadi Klien, Begini Cara Mainnya

Jumat, 30 April 2021 11:46 WIB 30 April 2021, 11:46 WIB

INDOZONE.ID - Polda Metro Jaya berhasil menangkap dua warga negara (WN) India berinisial MS dan SR yang sempat buron karena menggunakan jasa mafia di bandara untuk menghindari proses karantina Covid-19.

"Kemarin saya sampaikan ada lima (WN India), terus dua yang belum ditemukan. Tadi malam sudah ditemukan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis (29/4/2021).

Satu orang WN India tersebut ditangkap di rumah keluarganya dan satu orang lainnya di salah satu hotel di Jakarta.

Kepolisian sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menentukan kapan kedua WN India tersebut bisa dimintai keterangan soal mafia kekarantinaan tersebut.

"Ini kita sedang koordinasi untuk pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. Apakah nanti setelah 14 hari boleh dilakukan pemeriksaan atau tidak," katanya.

Kedua warga negara India tersebut saat ini telah dibawa oleh polisi ke lokasi isolasi yang telah ditetapkan oleh satgas karantina.

"Kita masukkan ke Hotel Holiday Inn untuk dilakukan isolasi selama 14 hari," ujar Yusri.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah terlebih dulu menangkap lima warga negara India yang diduga sebagai pengguna jasa mafia karantina untuk masuk Indonesia tanpa menjalani proses kekarantinaan.

Kelima WN India yang diamankan berinisial SR (35), CM (40), KM (36), PN (47) dan SD (35).

Alur penggunaan jasa mafia ini adalah pelaku mendampingi klien sejak mendarat di Indonesia. Mereka terus mendampingi mulai dari tahap mengisi formulir hingga saat keberangkatan menuju lokasi karantina.

Saat WN India itu akan berangkat menuju hotel, mafia tersebut akan mengalihkan mereka dari bus yang disiapkan Satgas Karantina, menjadi naik mobil atau taksi. Para pengguna jasa mafia karantina Covid-19 ini terancam penjara 1 tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US