Pakar Sebut Evakuasi WNI dari Afghanistan oleh Pemerintah Patut Diapresiasi

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 17:43 WIB
Ilustrasi:  Warga sipil bersiap untuk naik pesawat selama evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan 18 Agustus 2021. (Victor Mancilla/Handout via REUTERS/ilustrasi)
Ilustrasi: Warga sipil bersiap untuk naik pesawat selama evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan 18 Agustus 2021. (Victor Mancilla/Handout via REUTERS/ilustrasi)

Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana, Jumat (20/8) sebut evakuasi WNI dari Afghanistan oleh pemerintah Indonesia patut diapresiasi mengingat kompleksitas penyelamatan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa pemerintah telah berhasil mengevakuasi WNI di Afghanistan yang berjumlah 26 orang, di samping 5 warga negara Filipina dan 2 orang warga negara Afghanistan yang merupakan pasangan WNI yang dievakuasi, kata Hikmahanto dalam keterangan tertulisnya.

"Penyelamatan ini merupakan bentuk dari tanggung jawab negara terhadap warganya pada saat warganya berada di suatu negara yang sedang menghadapi suatu permasalahan, baik situasi politik yang tidak menentu ataupun adanya pandemi," kata dia dikutip dari ANTARA.

Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani itu mengatakan dengan melakukan evakuasi bukan berarti pemerintah tidak percaya dengan jaminan yang telah diberikan oleh Taliban yang saat ini menguasai Afghanistan.

Baca juga: Presiden Jokowi Berharap Guru Hingga Pelajar Bersabar untuk Belajar Tatap Muka

WNI yang berada di Afghanistan, lanjut dia, tentunya ingin dirinya selamat dalam situasi yang tidak menentu di negara itu.

"Di sinilah hadirnya negara untuk melakukan evakuasi," kata Hikmahanto.

Bagi WNI yang terjebak dalam situasi yang tidak menentu di Afghanistan tentu mereka bangga menjadi WNI dengan kehadiran negara untuk melakukan evakuasi, kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X