Sumur Resapan di Atas Trotoar Disebut Proyek Bodoh, Wagub DKI Beri Penjelasan

- Selasa, 9 November 2021 | 11:30 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria angkat bicara terkait proyek sumur resapan di atas trotoar yang dikritik oleh salah satu netizen dalam sebuah video di media sosial. Ia pun memberikan penjelasannya terkait hal tersebut.

-
Penjelasan Ahmad Riza Patria. (Instagram/@arizapatria)

"Beredar video mengenai kesalahpahaman atas penempatan sumur resapan (SR) di trotoar," tulis Riza dalam akun Instagram resminya, Selasa (9/11/2021).

Mantan Anggota DPR RI ini menjelaskan, cara kerja sumur resapan di atas trotoar tersebut adalah nantinya air akan masuk ke dalam lobang kotak yang berada di sisi dinding trotoar.

Sehingga, Riza memastikan air tetap terserap di lobang kotak dinding trotoar, dan sumur resapan bulat berfungsi  menyaring air yang masuk ke dalam, sehingga jika terjadi sumbatan bisa langsung dicek.

"Air akan masuk melalui tali-tali air ke bak kontrol yang kotak, air akan disaring sebelum masuk ke SR (bulat). Contoh ini SR Gandaria City," terangnya.

Sekadar diketahui, dalam video yang diunggah tersebut, seorang netizen mengatakan bahwa sumur resapan yang berada di atas trotoar merupakan proyek bodoh dari Pemprov DKI Jakarta karena berada di atas permukaan jalan.

"Gila proyek bodoh dari Pemprov DKI Jakarta, bikin sumur resapan di atas trotoar. Lantas air darimana yang akan masuk ke dalam kalau trotoarnya saja lebih tinggi dari jalan, terus air apa yang akan meresap ke dalam?" ucap orang dalam video itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X