Menkes Budi Akui Keamanan PeduliLindungi Perlu Perbaikan

- Senin, 20 September 2021 | 19:16 WIB
Menkes Budi. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Menkes Budi. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui masih banyak hal yang perlu diperbaiki dari aplikasi PeduliLindungi untuk menjangkau perlindungan lebih masif bagi masyarakat dari penularan COVID-19.

"Masih perlu perbaikan dari sisi keamanan, dari sisi kinerja, dari sisi fungsinya yang harus kita perbaiki. Namun untuk satu aplikasi kesehatan nasional yang baru diluncurkan kurang dari dua bulan, aplikasi PeduliLindungi memang sudah terbukti bisa membangun infrastruktur pengawas protokol kesehatan berbasis teknologi informasi," kata Budi saat menyampaikan keterangan pers PPKM seperti dilansir ANTARA, Senin (20/9/2021).

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, kata Budi, aplikasi tersebut sedang diupayakan untuk bisa tersambung dengan aplikasi setara lainnya dari luar negeri.

"Agar memudahkan implementasi protokol kesehatan untuk lintas negara," kata Budi.

Namun begitu, Budi mengatakan saat ini aplikasi PeduliLindungi telah diakses lebih dari 50 juta kali dalam sehari oleh masyarakat yang beraktivitas di berbagai ruang publik.

"Minggu lalu sudah menyentuh delapan juta barcode yang digunakan oleh seluruh orang Indonesia yang mengunjungi tempat publik per hari dan juga websitenya sudah dikunjungi lebih dari 40 juta sehari," kata Budi.

BACA JUGA: Semakin Membaik, Pertambahan Kasus Corona Hari Ini di Bawah Angka 2 Ribu 

Jumlah tersebut dihimpun Kementerian Kesehatan dari upaya skrining pengunjung di berbagai ruang publik, seperti sektor perdagangan (pusat perbelanjaan, pasar modern, dan pasar tradisional), transportasi (darat, laut, udara), pariwisata (hotel, restoran, pertunjukan), kantor/pabrik (pemerintah, swasta, bank, pabrik besar, UMKM/IRT), keagamaan (masjid, gereja, wihara, pura, kegiatan keagamaan) serta pendidikan (PAUD, SD, SMP/SMA, perguruan tinggi).

"Jadi kalau kita 'check-in' itu nanti 'airport' akan langsung mencari datanya dari websitenya aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X