MKD Segera Panggil Anggota DPR yang Nonton Video Syur saat Rapat, Apakah HM?

- Selasa, 12 April 2022 | 16:57 WIB
Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman (INDOZONE/Harits Tryan)
Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman (INDOZONE/Harits Tryan)

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habiburokhman, menyatakan pihaknya akan memanggil anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDIP yang ketahuan menonton video syur saat rapat.

“Kami pastikan kami akan memanggil anggota yang bersangkutan, ya segera,” ucap Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Habiburokhman menuturkan pemanggilan anggota DPR tersebut sebagai upaya klarifikasi sebagaimana berita yang beredar. Diharapkan proses pemanggilan ini bisa dilangsungkan sebelum masa reses.

“Untuk meminta keterangan, konteksnya apa. Kemudian apakah benar orang tersebut yang disebut-disebut,” ucap dia.

Hanya saja dia belum merinci secara detail perihal identitas anggota DPR tersebut. Pasalnya sejauh ini laporan hanya dari video yang beredar di media sosial saja.

Baca juga: Tanggapan Ian Kasela Usai Melihat Pengeroyokan Ade Armando: Apa yang Terjadi?

“Karena kemarin itu kenapa kami belum bergerak, kami juga sedang mencari informasi. Apakah itu benar kejadian di periode ini, kejadian yang baru saja. Atau itu memang gambar tempo hari yang sekitar tahun berapa itu kan pernah ada kejadian serupa,” tuturnya.

Tanggapan PDIP

Sebelumnya Sekretaris Fraksi PDIP di DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul angkat bicara mengenai viralnya anggota Komisi IX DPR yang tertangkap kamera sedang menonton video syur saat rapat.

Bambang menyatakan, anggota DPR tersebut memang bagian dari fraksinya. Tapi Bambang menjelaskan bahwa yang bersangkutan tidak tahu bahwa video yang dikirim dari pesan singkat itu adalah konten video syur.

"Kita merasa bukan mau menyalahkan, ini kan kawan kita menerima WA (WhatsApp) yang kita klarifikasi dengan fraksi, meneriwa WA. (Kemudian) WA dibuka reflek ternyata ada video itu," kata Bambang di Kompleks  Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

"Video dibuka isinya itu, difoto dari atas, cret," tambahnya.

Bambang menduga ada unsur menjebat terhadap anggota DPR itu, sehingga tertangkap kamera sedang menonton video syur. Untuk itu Ketua Komisi III DPR RI ini menghimbau kepada semua anggota dewan untuk berhati-hati ketika membuka pesan WA saat rapat.

"Kalau engkau sebagai orang politik kalau dikau sebagai orang politik ini bisa diduga ini modus operandi. Saya ini perlu disampaikan terutama pada kawan-kawan anggota dewan yang lain juga untuk berhati-hati dalam membuka kayak gitu. Langsung bisa difoto memang sudah diincar orang masuk misalnya," jelas dia.

Sementara itu, pakar telematika, Roy Suryo mengungkapkan bahwa anggota DPR tersebut merupakan mantan penyanyi berinsial HM. Dia, kata Roy, menjadi angggota DPR melalui sistem Pergantian antarwaktu (PAW).

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X